Tips Termudah Mengontrol Penyimpanan Data Ruang di Whatsapp

Tips Termudah Mengontrol Penyimpanan Data Ruang di Whatsapp

Kebutuhan akan mengirim pesan dan file yang lebih efektif pastinya membuat setiap orang membutuhkan aplikasi chat yang bisa diandalkan. Tidak heran apabila aplikasi chat seperti Line, Telegram hingga Whatsapp memiliki peminat yang tinggi sekali. Khususnya untuk aplikasi Whatsapp yang bisa dibilang menjadi prioritas utama banyak pihak untuk melakukan chat baik itu untuk urusan personal maupun bisnis.

Namun di balik segala kemudahan dan keunggulannya ternyata aplikasi Whatsapp ini juga seringkali mengalami masalah. Satu masalah besar yang sering terjadi adalah penyimpanan data ruang di Whatsapp yang mudah sekali penuh. Jika hal ini terjadi maka Anda akan kesulitan untuk melakukan penyimpanan baru. Untungnya, sudah ada tips termudah mengontrol penyimpanan data ruang di Whatsapp seperti berikut ini.

Baca Juga Cara Buat Story Video WhatsApp Lebih dari 30 Detik

Tips Termudah Mengontrol Penyimpanan Data Ruang di Whatsapp

Tips Kontrol Penyimpanan Data di Whatsapp

1. Keluar dari Grup WA Tidak Penting

Tips termudah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol data ruang di Whatsapp adalah dengan keluar dari grup WA tidak penting. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa salah satu hal paling menyebalkan dari menggunakan Whatsapp adalah hadirnya banyak grup WA. Sayangnya, kehadiran dari grup WA tersebut kebanyakan tidak penting dan hanya akan memenuhi ruang penyimpanan.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan keluar dari beberapa grup WA yang tidak penting dan tidak terlalu dibutuhkan oleh Anda. Apabila Anda terlalu sungkan untuk keluar dari grup Whatsapp maka Anda bisa memilih untuk melakukan mute terhadap grup tersebut. Mulai dari mute hitungan jam, hari, minggu hingga bulan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

2. Lakukan Kontrol pada Grup Whatsapp

Melakukan kontrol pada grup Whatsapp juga bisa dijadikan solusi berikutnya guna mengatasi ruang penyimpanan agar tidak terlalu penuh pada Whatsapp. Melakukan kontrol ini sendiri bisa dilakukan dengan cara membatasi siapa saja yang bisa memasukan Anda ke dalam grup Whatsapp. Dengan melakukan hal ini maka nantinya tidak akan ada lagi yang sembarangan memasukan Anda ke grup Whatsapp yang ternyata tidak diinginkan.

Bagi Anda yang belum tahu caranya, diawali dengan membuka opsi pengaturan aplikasi Whatsapp. Lanjutkan dengan membuka opsi akun lalu pilih privasi dan pilihlah opsi grup. Pada opsi grup tersebutlah nantinya Anda bisa melakukan pengaturan siapa saja yang bisa memasukan Anda ke dalam sebuah grup Whatsapp.

3. Nonaktifkan Download Otomatis

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh banyak pengguna Whatsapp adalah tiap kali membuka media maka banyak sekali file yang terdownload. Terutama ketika ada teman chat yang mengirimkan file media seperti foto atau video.

Hal ini pastinya akan membuat file tersebut otomatis terdownload dan semakin memenuhi ruang penyimpanan whatsapp. Solusinya adalah dengan Anda menonaktifkan Download otomatis pada Whatsapp.

Caranya sendiri adalah dengan membuka aplikasi tersebut dan pilih opsi titik tiga vertikal yang berada di sudut kanan atas. Jika sudah, lanjutkan dengan memilih pengaturan dan pilihlah Penggunaan Data dan Penyimpanan.

Mulailah memilih pada jaringan jenis seperti apa, Anda ingin mendownload file pada Whatsapp. Mulai dari jaringan seluler hingga jaringan Wifi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

Baca Juga Cara Buat Dua Akun WhatsApp Dalam Satu Smartphone

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips termudah mengontrol data penyimpanan ruang di Whatsapp. Jadi bagi Anda yang memang tidak ingin menghadapi ruang penyimpanan data Whatsapp mudah penuh maka bisa mencegahnya dengan menerapkan cara seperti di atas.