Tips Menjaga Keamanan Data Website Anda dari Ancaman Digital

Tips Menjaga Keamanan Data Website Anda dari Ancaman Digital

Bagi setiap pemilik website maka penting sekali keberadaan data-data yang dimiliki oleh website tersebut. Untuk itulah, setiap pemilik website maka pastinya ingin melindungi keamanan dari data website yang dimiliki. Soalnya hal tersebut juga tidak lepas dari ancaman digital yang tidak bisa dipandang sebelah mata lagi sekarang ini. Ancaman digital itu sendiri bisa mulai dari penyusupan, peretasan hingga pencurian data penting.

Sesuatu yang pastinya membuat Anda tidak ingin sampai mengalaminya. Namun seperti yang diketahui bahwa ancaman digital ini semakin canggih dan juga semakin pintar saja. Hal inilah yang pastinya membuat tugas menjaga keamanan website bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Untungnya, ada tips menjaga keamanan data website Anda dari ancaman digital seperti berikut ini.

Baca Juga Ketahui Keunggulan Sucuri untuk Melindungi Website Berbasis WordPress

Tips Menjaga Keamanan Data Website Anda dari Ancaman Digital

Tips Menjaga Keamanan Data Website

1. Lakukan Update ke Versi Terbaru

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan data website adalah dengan melakukan update ke versi terbaru. Tips yang satu ini sendiri sangat disarankan dilakukan oleh Anda yang menggunakan website berbasis WordPress. Seperti yang diketahui bahwa untuk Wordpress sendiri seringkali meluncurkan versi terbaru. Versi terbaru ini tentunya dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap dan juga keamanan yang lebih baik. Jadi nantinya dengan Anda rutin melakukan update ke versi terbaru ini maka tingkat keamanan yang dimiliki oleh website tersebut juga menjadi lebih baik lagi.

2. Hindari Penggunaan Admin Sebagai Username

Satu kesalahan besar yang selama ini masih sering dilakukan banyak orang adalah dengan menggunakan “admin” sebagai username untuk websitenya. Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan menggunakan admin sebagai username pastinya akan lebih mudah untuk masuk sekaligus tidak terlalu sulit untuk diingat. Namun dengan menjadikan admin sebagai username untuk masuk ke website Anda maka meningkatkan risiko ancaman digital. Soalnya pihak yang ingin melakukan hack maupun peretasan akan lebih mudah melakukannya apabila ternyata username yang digunakan ternyata hanya admin. Sesuatu yang sebaiknya Anda hindari dan jangan dilakukan.

3. Lakukan Blokir Host yang Tergolong Mencurigakan

Host yang ada pada website juga mesti menjadi bagian penting dan tidak boleh luput dari perhatian. Apabila ternyata Anda menemukan host yang tergolong mencurgigakan ini maka jangan diam saja. Langkah terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan memblokir host yang tergolong mencurigakan tersebut. Hal ini penting guna menjaga keamanan dari data website penting yang Anda miliki.

4. Gunakan Password yang Kuat

Meskipu terkesan sepele tapi penting sekali bagi Anda untuk menggunakan password yang kuat guna melindungi website yang dimiliki. Jadi Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih password ini. Sangat disarankan untuk memilih kombinasi password yang unik dan kuat. Selain itu, pastikan bahwa kombinasi password tidak mudah ditebak oleh orang lain.

5. Jangan Sembarangan dalam Memilih Plugins

Sedangkan untuk tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan jangan sembarangan dalam memilih plugins. Bukan tanpa alasan karena ketiak Anda sembarangan dalam memilih plugins untuk website miliknya. Sebut saja seperti plugins yang sudah tidak dibutuhkan hingga plugins yang sebenarnya tidak berkualitas. Hal ini pastinya akan menurunkan tingkat kualitas yang dimiliki website Anda.

Baca Juga Ketahui Jenis Malware yang Paling Sering Menyerang Website

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips menjaga keamanan data website Anda dari ancaman digital. Jadi bagi Anda yang memang ingin melindungi data website sekaligus tidak ingin kehilangannya maka segeralah terapkan seperti tips di atas.