Tips Melakukan Perbaikan pada Website yang Sudah Terkena Hack

Tips Melakukan Perbaikan pada Website yang Sudah Terkena Hack

Terkena hack pastinya akan selalu menjadi mimpi buruk bagi setiap pemilik website. Bukan tanpa alasan karena ketika sebuah website sudah berhasil dihack maka pastinya akan banyak sekali data yang terekspos bahkan hingga kerusakan website yang bisa terjadi. Namun bagi Anda yang sedikit beruntung maka bisa mengembalikan website yang sudah berhasil dihack tersebut. Namun yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah apa yang mesti dilakukan pada website yang sudah terkena hack?

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan tentunya adalah melakukan perbaikan pada website tersebut. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan selama proses hack tersebut dan juga untuk memastikan bahwa tindakan hack tersebut tidak akan terulang lagi. Namun tentunya bukan perkara mudah untuk melakukan perbaikan tersebut. Untungnya, ada tips melakukan perbaikan pada website yang sudah terkena hack tersebut.

Baca Juga Tips Paling Mudah Menghack Website dengan 5 Aplikasi Handal Ini

Tips Perbaikan Website yang Kena Hack

1. Aktifkan Maintenance Mode

Tips perbaikan pertama yang mesti Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan maintenance mode seperti yang satu ini. Bukan tanpa alasan karena maintenance mode ini memang sudah lama dijadikan pilihan oleh banyak orang yang ingin memperbaiki webistenya. Apalagi terutama untuk website yang sudah pernah dihack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Nanti dengan maintenance mode ini maka perbaikan website bisa dilakukan secara jauh lebih mudah.

2. Ganti Password yang Lebih Kuat

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu faktor penyebab dari sebuah website berhasil dihack tentunya adalah karena passwordnya yang berhasil diketahui. Dengan password yang berhasil diketahui ini tentunya akan menjadi sangat mudah untuk bisa mengambil alih website. Bagi Anda yang sudah berhasil mengambil kembali website yang sudah dihack maka jangan mengulang kesalahan yang sama.

Kesalahan tersebut adalah dengan membuat password website yang tergolong lemah. Jadi sebaiknya Anda segera menggantinya dengan password yang tergolong kuat sekaligus unik. Hal ini sendiri terbilang sangat penting untuk menjaga keamanan website Anda. Supaya kondisi website yang dihack tidak terulang lagi pada Anda dan pastinya akan sangat merugikan apabila sampai terulang lagi.

3. Bersihkan Hacking pada Website Anda

Langkah berikutnya yang juga tidak kalah pentingnya adalah dengan membersihkan hacking pada website Anda. Terutama file-file maupun jejak yang masih ditinggalkan oleh para hacker tersebut. Bukan tanpa alasan karena ketika website berhasil dihack maka biasanya para hacker akan mengupload berbagai file pada website tersebut. Apabila Anda tidak membersihkannya secara benar-benar maka risiko website terkena hack kembali tergolong sangat tinggi. Sesuatu yang pastinya tidak ingin sampai Anda kembali. Jadi penting sekali untuk membersihkan hacking pada website Anda ini.

4. Lakukan Restore

Sedangkan untuk langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan restore seperti yang satu ini. Bukan tanpa alasan karena seorang hacker berhasil meretas sebuah website maka biasanya si hacker akan menghapus berbagai data penting di website tersebut. Hal ini pastinya tergolong akan snagat merugikan bagi Anda selaku pemilik websitenya. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan restore pada website tersebut. Hal ini sangat berguan untuk mengembalikan kondisi website seperti semula.

Baca Juga Tips Hindari Website Terkena Hack Metode Web Phising

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips melakukan perbaikan pada website yang sudah terkena hack. Jadi apabila website yang Anda miliki ternyata sudah terkena hack oleh orang lain dan ingin menghindarkan segala risiko yang ada maka terapkanlah beberapa tips di atas.