Tips Atasi Charger Putus Nyamung Saat Digunakan

Charger merupakan alat yang tidak bisa dipisahkan dari smartphone, karena seperti yang kita ketahui bahwa smartphone merupakan benda elektronik yang mengandalkan daya listrik untuk hidup yang ditampung pada komponen baterai dan diisi kembali dengan charger. Oleh karena itu setiap kita beli smartphone ada charger originalnya.

Namun charger biasanya rata-rata bermasalah setelah pemakaian diatas 1 hingga 2 tahun, dan ciri kerusakannya daya yang masuk putus nyambung saat digunakan. Nah oleh karena itu berdasarkan pengalaman saya akan bahas bagaimana cara atasi charger putus nyambung saat digunakan.

Tips Atasi Charger Putus Nyamung Saat Digunakan

Tips Atasi Charger Putus Nyamung Saat Digunakan

Daya yang dihasilkan charger putus nyambung sebenarnya adalah ciri awal kerusakan parah charger sampai tidak bisa menyuplai daya lagi ke baterai, dan hal yang menjadi penyebabnya tidak hanya satu. Oleh karena itu ada beberapa cara mengatasinya dibawah ini.

1. Ganti Kabel USB

Ganti Kabel Usb

Hampir 80% persen kerusakan charger ada pada bagian kabel yang biasanya kabelnya putus pada bagian dalam. Oleh karena itu coba ganti saja kabelnya bisa beli di counter resmi. Note: Belilah yang original agar kecepatan mengisi daya baterai tetap seperti biasanya dan juga bisa lebih tahan lama digunakan.

Baca Juga: Cara Buat Suara Rekaman Seperti di Studio Dengan Android

2. Perbaiki Port Kabel

Perbaiki port Kabel

Coba Perhatikan Port kabel USB Charger kamu, pasti ada dua besi yang menonjol keatas seperti gambar yang sudah kami sertakan diatas tadi. Nah menurut pengalaman jika daya yang dihasilkan oleh charger sudah putus nyambung biasanya karena besi tersebut sudah terlalu rendah.
Jadi coba tarik kedua besi tersebut bisa menggunakan jarum pentul. Saya sendiri pernah berhasil menggunakan cara ini pada charger smartphone Xioami redmi 3s.

3. Pijat Permukaan Kabel

Seperti yang sudah kami sebutkan pada point yang pertama bahwa salah satu penyebab charger putus nyambung saat mengisi dikarenakan kabelnya ada yang mulai putus pada bagian dalam. Jadi coba urut permukaan kabel khususnya di dekat kedua port-nya karerna yang paling sering atau rentan putus di bagian tersebut.

Tapi yaaa cara ini menurut pengalaman saya hanya bisa mempebaiki beberapa saat saja setelahnya kembali seperti semula lagi. Jadi kembali lagi ke point yang pertama, jika kabel usb bagian dalamnya udah putus sebaiknya diganti saja.

Baca Juga: Cara Upload Video Ke Youtube Gunakan Android

4. Ganti IC Power

IC Power merupakan komponen pembagi daya listrik pada perangkat smartphone termaksud mengatut daya yang masuk. Ciri-ciri IC Power yang rusak diantaranya adalah daya putus nyambung, smartphone kadang mati sendiri, hingga daya baterai lambat terisi.

Nah untuk ganti IC Power kami hanya menyarankan untuk kamu membawanya ke tukang servive untuk ditangani oleh orang yang lebih berpengalaman serta alat yang lebih lengkap.

Nah itulah tips atasi charger putus nyambung saat digunakan, semoga artikel ini bemanfaat untuk kita semua.