Smartphone Baru? 5 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan

Rata-rata penduduk Indonesia menggunakan smartphone hanya dengan rentan waktu antara 2 sampai 4 tahun lamanya sebelum memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru. Alasan pengguna pun berbagai macam untuk mengganti smartphonenya mulai dari karena sudah jadul, rusak, hingga hanya sekedar ingin upgrade ke smartphone yang lebih besar kapasitas penyimpanannya.

Smartphone Baru? 5 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan

Smartphone Baru? 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan

Untuk kamu yang saat ini baru mengganti smartphone ternyata ada 5 hal yang wajib kamu lakulan setelah mengganti smartphone lho. Apa saja yang perlu kamu lakukan pada smartphone barumu?.

1. Update Aplikasi Bawaan

Setiap smartphone baru saat ini sudah dilengkapi aplikasi bawaan standar, nah sebelum menggunakan aplikasi tersebut sebaiknya update aplikasi bawaan smartphone agar aplikasi dapat berjalan dengan baik. Jika kamu tidak meng-update aplikasi bawaan yang ada biasanya akan terjadi buf/error karena versi yang sudah lawas masih digunakan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Video Call Di Aplikasi BBM Tidak Bisa Digunakan

2. Kurangi Brightness

Kurangi Brightness

Kurangi Brightness atau kecerahan layar juga perlu dilakukan pada smartphone baru karena rata-rata smartphone baru tingkat kecerahannya berada pada tingkatan maksimal. Hal ini selain lebih menghemat baterai juga sebagai langkah menghindari baterai smartphone cepat rusak karena keseringan di charger. Ya untuk mengurangi kecerahan layar mungkin semuanya sudah pada tahu ya, tapi jika ada yang belum tahu cara settingnya mudah kok cukup dengan masuk ke menu Setting > Display > Lalu aturlah tingkat kecerahan sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Ganti Walpaper

Ganti walpaper smartphone dengan walpaper yang berwarna gelap agar lebih hemat daya baterai mengingat layar smartphone adalah salah satu komponen yang paling banyak memakan daya baterai apalagi jika walpaper smartphonemu berwarna cerah. Tapi jika layar smartphone-mu memiliki teknologi layara AMOLED mungkin hal tersebut tidak perlu dilakukan karena jenis layar tersebut cukup hemat dalam konsumsi daya baterai.
Tapi jika layar smartphone kamu memiliki teknologi AMOLED + menggunakan walpaper gelap mungkin akan lebih hemat lagi. Lalu apalagi yang perlu dilakukan jika menggunakan smartphone baru?.

4. Atur Kunci

Atur Kunci

Yah mungkin ini adalah bagian yang juga sangat penting yakni atur kunci mengingat hal tersebut adalah pengaman utama agar orang asing tidak dapat mengakses data yang ada dalam smartphone kita. Untuk atur kunci smartphone masuk ke menu Setting > kunci layar dan sandi, pada bagian ini silahkan jenis kunci apa yang kamu inginkan untuk mengamankan smartphone-mu mulai jenis pola, PIN, password hingga sidik jari jika perangkatmu sudah mendukung fitur tersebut.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet Telkomsel Agar Tidak Lemot

5. Matikan Shortcut Aplikasi Baru

Home Screen berantakan karena banyaknya shortcut aplikasi tentunya sangat tidak enak dipandang. Jadi sebaiknya matikan saja Shortcut aplikasi pada smartphone barumu, cara matikan Shortcut aplikasi baru Google Play Store – Settings, lalu hilangkan tanda ceklis di Add icon to Home screen.

Nah itulah 5 hal yang wajib kamu lakukan saat menggunakan smartphone baru.