Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop/PC Lemot

8 menit

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Dengan berbagai fungsi sekaligus manfaatnya pastinya membuat banyak orang yang lantas tidak bisa lepas dari laptop. Bahkan banyak orang yang sangat bergantung pada laptop untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan sehari-hari miliknya.

Fakta tersebutlah yang kemudian pastinya membuat Anda selalu ingin laptop atau PC yang dimiliki selalu berada dalam performa terbaiknya. Sayangnya, seringkali terjadi berbagai masalah yang terjadi pada laptop yang dimiliki.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Eror Atau Rusak Dengan Mudah

Salah satu masalah tersebut adalah laptop yang tiba-tiba mendadak menjadi ngelag dan lelet, bahkan laptop freeze dan laptop blank / hang. Apabila masalah yang satu ini sampai terjadi kepada Laptop PC Anda pastinya menjadi masalah tersendiri. Soalnya kinerja laptop akan menjadi lambat dan pastinya akan semakin memakan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya

Laptop yang mendadak menjadi lemot bahkan Freeze dan blank ini sendiri bisa disebabkan oleh berbagai kesalahan. Bagi Anda yang belum tahu, ada tips cegah laptop jadi lemot dengan hindari 13 kesalahan seperti berikut ini.

Namun sebelum mencari tahu cara mengatasi laptop lemot/berat/sering freeze/blank ini pahami terlebih dahulu apa saja yang membuat laptop menjadi lemot.

Tuorial cara atasi laptop pc lemot ini berlaku untuk semua jenis OS seperti Windows 10, Window 7, Windows 8, Linux, dan MacOS.

13 Penyebab Laptop / PC Jadi Lemot / Freeze

1. Tidak pernah upgrade sistem operasi

Masi menggunakan sistem operasi yang lawas atau tidak pernah upgrade sistem operasi, hal ini berlaku bagi semua laptop baik yang memiliki sistem operasi Windonws maupun MacOs.

2. Laptop Terserang Virus

Walaupun secara pandangan umum virus kini sudah mampu dipahami dengan baik yakni sebuah file yang masuk kedalam laptop untuk mencuri data ataupun hanya bertujuan untuk merusak sistem operasi laptop saja.

Virus ini akan memakan RAM dan membuat laptop berat bahkan ngefreeze/ blank.

3. Terlalu banyak membuka Tab browser

Biasanya kita sering berselancar di internet dan membuka beberapa tab /window secara yang langsung yang membuat laptop pc jadi lambat.

Baca Juga:  3 Laptop Gaming 5 Jutaan Terbaik Dan Paling Handal

4. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan

Hal pertama yang bisa menyebabkan perangkat laptop menjadi lemot adalah terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan secara bersamaan di peragkat laptop kamu. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di perangkat laptop kamu, maka RAM akan terus dikuras oleh aplikasi-aplikasi yang berjalan tersebut.

Oleh karena itu, kamu perlu menghentikan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di laptop kamu agar peforma laptop kamu kembali stabil.

5. Ruang Penyimpanan Yang Penuh

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot
Cara Mengatasi Laptop Lemot

Hal kedua yang bisa membuat perangkat laptop kamu lemot adalah penyimpanan laptop kamu yang terlalu penuh. Pasalnya, jika penyimpanan laptop kamu penuh terutama pada disk c tempat system berada, maka peforma akan menurun.

Oleh karena itu, kamu perlu memanage lagi file-file yang ada di penyimpanan laptop kamu. Kamu bisa hapus aplikasi atau file-file yang sudah tidak kamu gunakan atau file-file yang menurut kamu tidak terlalu penting.

6. RAM Kecil / RAM Rendah

Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Freeze
Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Freeze

RAM berkapasitas rendah yang terkadang tidak sesuai dengan penggunaan.

7. Terlalu banyak software atau startup program.

Kita terkadang banyak menginstall software dan tanpa sepengetahuan memakan banyak Ram yang berjalan entah manual ataupun otomatis, perlu di teliti lagi.

8. Banyak file yang terdownload tanpa diketahui saat berselancar di internet.

Biasa kalian membuka web situs yang berbahaya, penuh iklan sehingga tanpa sepengetahuan kita mendownload aplikasi software sendiri.

9. Hardisk Tidak Bekerja Maksimal

Hardisk yang sudah tidak bekerja secara optimal karena beberapa faktor seperti usia sudah tua, atau komponen yang sudah mulai melemah karena terus bekerja secara optimal setiap harinya.

10. Kesalahan Tidak Hati-Hati Menginstall Aplikasi

Kesalahan berikutnya yang juga seringkali dilakukan oleh para pemilik laptop adalah dengan sembarangan dalam menginstall aplikasi maupun program pada laptop. Soalnya masih banyak yang beranggapan bahwa semua aplikasi maupun program itu aman.

Padahal pada kenyataannya, ada beberapa aplikasi maupun program yang ternyata diam-diam memiliki aplikasi bawaan lain di dalamnya. Jadi nantinya ketika Anda menginstall aplikasi tersebut maka akan ada aplikasi lain yang ikut terisntall.

Masalahnya aplikasi inilah yang nantinya akan membebani laptop dan kemudian membuat laptop menjadi lemot. Cara mencegahnya adalah dengan Anda lebih berhati-hati dalam mengisntall aplikasi maupun program untuk laptop yang dimiliki.

11. Kesalahan Tidak Melakukan Scan Malware dan Virus

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa salah satu penyebab utama dari laptop yang menjadi lemot adalah serangan virus maupun malware. Soalnya kombinasi inilah yang kemudian akan membuat laptop menjadi lemot.

Bukan tanpa alasan karena virus maupun malware akan menyerang program hingga sistem pada laptop yang berefek langsung pada performanya.

Masalahnya, masih banyak yang tidak menyadari hal ini dan tidak melakukan scan malware maupun virus. Jadi ada baiknya bagi Anda untuk rutin melakukan scan malware dan virus ini.

12. Kesalahan Pemilihan Antivirus

Memiliki antivirus memang adalah hal yang penting untuk menjaga performa dari laptop. Sayangnya, masih banyak yang seringkali sembarangan dalam memilih antivirus ini.

Bahkan banyak juga kasus pengguna laptop yang salah dan keliru dalam memilih Antivirus. Hal inilah yang kemudian berakibat membuat laptop menjadi lemot.

13. Tidak Rutin Membersihkan Laptop

Sedangkan untuk kesalahan terakhir yang sebaiknya Anda hindari adalah tidak rutin dalam membersihkan laptop. Padahal apabila Anda jarang membersihkan laptop maka akan berpengaruh langsung pada performa dari laptop.

Tidak terkecuali membuat laptop menjadi lemot. Cegah dengan lebih rutin dalam membersihkan laptop yang dimiliki.

Itulah 13 penyebab laptop kamu menjadi lemot yang bisa dijadikan pengetahuan dasar untuk mengatasi laptop lemot. Nah untuk lebih detailnya berikut cara mengatasi laptop lemot.

Baca Juga : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk Dengan Ampuh

A. Cara memperbaiki laptop lemot Manual Ampuh

Cara Mengatasi Laptop Lemot Ampuh
Cara Mengatasi Laptop Lemot Ampuh

1. Hentikan Program Berjalan Yang Tidak Perlu

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi Pada Komputer Dan Laptop
Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya

Cara pertama untuk cara memperbaiki laptop lemot adalah dengan menghentikan program di laptop kamu yang sedang berjalan di backround yang sedang tidak kamu gunakan. Pasalnya, terlalu banyak program yang berjalan di background laptop akan sangat mempengaruhi kinerja dari perangkat laptop. Untuk itu, kamu perlu menghentikan program-program yang sedang berjalan.

Untuk menghentikan program yang sedang berjalan di laptop, maka pertama kamu bisa masuk ke menu task manager dengan menuliskan task manager di Windows search. Jika sudah masuk di menu task manager, maka kamu akan melihat banyak program yang sedang berjalan dan kamu bisa pilih program yang tidak kamu perlukan untuk dihentikan dengan klik kanan dan klik end task.

2. Bersihkan Bagian Dalam Laptop

Cara untuk mengatasi laptop yang lemot adalah dengan membersihkan pada bagian laptop kamu karena jika terlalu banyak debu pada bagian dalam laptop kamu bisa menyebabkan lemot. Pasalnya setiap komponen yang berkerja akan menghasilkan panas dan biasaya panas akan dikeluarkan melalui lubang yang tersedia di laptop kamu.

Apabila di dalam laptop kamu terdapat banyak debu, maka panas yang ada di dalam laptop kamu akan susah untuk keluar terutama pada lubang untuk mengeluarkan panas pada laptop. Jadi, kamu perlu membersihkan debu yang ada di dalam laptop kamu, kamu bisa bongkar laptop kamu dan bersihkan debu-debu yang menempel khususnya pada komponen seperti RAM, VGA dan lainnya.

3. Hapus Data Lama

Cara untuk mengatasi perangkat laptop yang semakin lama semakin lemot adalah dengan menghapus data di laptop kamu.

Terlalu banyak data dan aplikasi yang terpasang di perangkat laptop juga bisa membuat peforma laptop tersebut menjadi menurun.

Jadi, sangat diperlukan untuk menghapus beberapa file dan aplikasi yang ada di perangkat laptop kamu untuk mengurangi beban system.

  • Kamu bisa hapus beberapa aplikasi yang mungkin tidak pernah kamu gunakan atau aplikasi yang menurut kamu kurang berguna.
  • Selain itu, kamu juga harus hapus file-file yang tidak dikenal dan file yang sudah tidak pernah kamu gunakan lagi.
  • Dengan begitu, maka penyimpanan laptop kamu akan lebih lega dan peformanya pun akan lebih stabil dan cepat.

2. Upgrade RAM PC / Laptop

Cara untuk bisa mengatasi perangkat laptop yang lemot adalah dengan upgrade RAM.

Tidak semua laptop memiliki kapasitas RAM yang sama, sehingga perlu ditambah kapasitasnya apabila memiliki RAM yang berkapasitas kecil.

Apabila RAM di laptop kamu berkapasitas 2 GB, maka kamu bisa meng-upgradenya ke 4GB atau 6GB.

Dengan begitu, maka peforma pada laptop kamu akan meningkat dan kamu bisa menggunakan laptop kamu dengan lancar.

B. Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Software Terbaik

Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Ampuh
Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Ampuh

Kamu bisa mengandalkan software untuk memaksimalkan kinerja laptop kamu. Dengan software ini kamu bisa membersihkan file sampah otomatis, mengaktifkan fitur turbo / booster. menghentikan software yang berjalan otomatis di balik layar. Berikut 3 software booster untuk mempercepat performa laptop atau pc.

1. CCleaner – Mempercepat PC Lambat

Aplikasi CCLEANER
Aplikasi CCLEANER

Download CCleaner

Aplikasi untuk mengatasi laptop lemot yang pertama ada aplikasi dengan nama CCleaner yang merupakan salah satu aplikasi untuk memaksimalkan kinerja RAM yang sudah sangat populer.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat membersihkan file sampah di penyimpanan laptop kamu dan bisa membersihkan cache yang tidak berguna. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur canggih lainnya di aplikasi ini.

Baca Juga : 3 Aplikasi Hemat Baterai Laptop Terbaik Dan Paling Ampuh

Dalam versi free atau gratis maka kamu bisa melakukan optimalisasi registry, membersihkan sampah, dan mengoptimalkan ruang penyimpanan pada laptop kamu.

Kamu bisa membersihkan sampah pada laptop kamu pada setiap minggu atau setiap bulannya agar laptop kamu tetap stabil dan maksimal. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini secara berbayar dan kamu akan mendapatkan fitur premium yang tidak bisa kamu dapatkan pada versi free.

2. Advanced System Optimizer – Software Pembersih dan Booster

Download Advanced System Optimizer

Aplikasi untuk mengtasi laptop yang lemot kedua ada aplikasi bernama Advanced System Optimizer yang merupakan salah satu aplikasi untuk mengoptimalkan kinerja laptop terbaik dan paling ampuh.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat membersihkan file pembersih sampah, mengoptimalkan game, memperbarui driver, menjaga dari virus atau malware dan lainnya.

Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga dapat kamu pahami dan kamu gunakan dengan mudah karena menunya mudah dipahami.

Untuk ukuran aplikasi ini juga tidak terlalu besar dan cukup ringan sehingg kamu dapat menggunakan aplikasi ini dengan lancar dan tidak lemot. Tentu aplikasi ini bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang mencari aplikasi untuk memaksimalkan kinerja pada laptop kamu.

3. Razer Cortex: Game Bosster

Game Booster Percepat Performa Laptop
Game Booster Percepat Performa Laptop

Download Razer Cortex: Game Booster

Aplikasi untuk memaksimalkan kinerja laptop yang terakhir ada aplikasi bernama Razer Cortex: Game Booster yang merupakan aplikasi untuk mengoptimalkan kinerja laptop khususnya saat bermain game.

Dengan menggunakan aplikasi ini maka kamu bisa mempercepat kinerja game di laptop kamu dengan cukup sigmifikan. Dengan begitu kamu bisa bermain game di laptop kamu dengan lebih maksimal dan tidak lemot.

Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga kamu dapat menggunakan aplikasi ini dengan sangat mudah, aplikasi ini juga memiliki menu dan tool yang mudah dipahami.

Seperti aplikasi mempercepat kinerja laptop sebelumnya, aplikasi ini juga memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan ringan sehingga kamu dapat menggunakan aplikasi ini dengan lancar dan tidak lemot.

Tentu aplikasi ini bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang ingin mempercepat kinerja game di laptop kamu.

Baca Juga : Cara Menambah RAM Di Laptop Atau Komputer Dengan Benar

Nah, itu dia penyebab dan cara mengatasi perangkat laptop yang lemot, mengatasi laptop macet windows, mengatasi laptop freeze, mengatasi laptop blank windows 10 dengan mudah dan ampuh yang bisa kamu coba di laptop kamu. Cara di atas juga sering dilakukan oleh para pengguna laptop atau PC karena mudah dilakukan dan ampuh. Terima kasih.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments