Penyebab dan Solusi Komputer Mati Sendiri Saat Digunakan

Penyebab dan Solusi Komputer Mati Sendiri – Jaman sekarang komputer mungkin adalah perangkat yang sudah banyak orang tahu cara kerja dan pengoprasiannya. Mungkin kamu adalah salah satu orang yang bisa mengoprasikan komputer, tapi apakah kamu perah mengalami komputer tiba-tiba mati sendiri saat sedang digunakan?

Baca juga 5 Hal yang Sering Menyerang Komputer Anda

Penyebab dan Solusi Komputer Mati Sendiri Saat Digunakan

Penyebab dan Solusi Komputer Mati Sendiri Saat Digunakan

Jika iya, mungkin kamu bertanya apa sih penyebab dan solusi komputer tiba-tiba mati sendiri saat digunakan. Sebenarnya hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor begitupula dengan cara mengatasinya, jadi untuk lebih lengkapnya langsung saja simak ulasan dibawah ini.

1. Overheat

Overheat

Overheat atau kepanasan adalah penyebab yang paling sering dialami oleh komputer yang tiba-tiba mati sendiri saat digunakan. Overheat atau kepanasan ini biasanya disebabkan oleh kipas Pc tidak berputar atau lemah putarannya karena banyak debu yang menempel dan bisa juga dikarenakan penggunaan yang terlalu lama.

Komputer mati sendiri saat overheat atas perintah Prosessor yang memang sudah dirancang untuk mati sendiri jika terjadi overheat, hal tersebut agar tidak terjadi kerusakan pada komponen hardware lainnya. Satu lagi perhatikan pasta pendingin prosesor, karena prosesor yang mudah panas biasanya pasta pendinginnya sudah mengering.

Baca Juga: Cara Menyamarkan Alamat IP Pada Android Dengan Mudah

2. Daya Listrik

Sebagai alat elektronik, komputer tentunya membutuhkan daya listrik untuk menyala. Jadi jika komputer kamu tiba-tiba mati saat digunakan mungkin saat itu tegangan daya listrik kamu sedang turun karena beberapa komponen hardware komputer tidak bisa bekerja dengan daya listrik yang kurang. Jadi sebaiknya gunakan stavolt atau stabiliser daya listrik saat menggunakan komputer agar tegangan daya listrik lebih terjaga.

3. Komponen Bermasalah

Komponen bermasalah yang biasa terjadi pada Power Supply, Motherboard, RAM, VGA dan lainnya. Misalnya Power Supply sudah mulai tidak stabil, RAM tidak rapat, Motherboard rusak itu semua dapat menyebabkan komputer mati dengan sendirinya.

4. Virus

Virus

Pastinya sudah tahu apa itu virus kan? biasanya virus yang menjangkit dikomputer akan merusak sistem operasi sehingga sistme jadi tidak karuan membuat prosessor sebagai pengolah data kewalahan yang bisa saja menyebabkan overheat.

Jadi lebih berhati-hatilah saat akses internet karena internet adalah tempat perpindahan virus komputer terbesar saat ini, selain internet juga biasanya virus berpindah melalui flashdisk serta hardisk yang di colokan ke komputer kita.

Bagi kamu yang komputernya sudah terlanjut terjangkit virus kamu bisa atasi dengan software antivirus. Software antivirus yang bisa kamu gunakan bisa seperti Smadav, CC Cleaner dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Begini Cara Atasi Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi di Komputer

5. Program Crash

Program Crash biasanya karena software yang kamu gunakan adalah bajakan atau bisa juga karena pasangan driver yang tidak sesuai dengan hardware OS yang komputer kamu miliki.

Nah itulah penyebab dan solusi komputer mati sendiri saat digunakan, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

New Posts Published.