Ketahuilah 5 Syarat Kuliah di Jerman yang Harus Dipersiapkan

Kuliah di Jerman

Syarat Kuliah di Jerman – Jerman merupakan salah satu negara maju di dunia yang terkenal dengan pendidikannya yang bagus sehingga menjadi incaran banyak pelajar di seluruh dunia. Banyak ilmuwan yang dilahirkan di negara ini salah satunya adalah Albert Einstein.

Kisah sukses Bapak Habibie pun tidak bisa dilepaskan dari pendidikannya selama mengenyam pendidikan di Jerman. Apalagi di negara ini terdapat banyak universitas yang masuk ke dalam jajaran 100 besar universitas terbaik di dunia.

Kualitas pendidikan di Jerman memang tidak diragukan lagi dan pendidikan di sini sangat mendapat dukungan dari pemerintah. Pendidikan berkualitas di Jerman bisa ditempuh dengan biaya yang relatif terjangkau.

Program beasiswa juga terbuka lebar bagi siapa saja yang memiliki prestasi dan kemampuan. Namun, untuk bisa mewujudkan impian kuliah di sana tentu saja Anda harus memenuhi syarat kuliah di Jerman dan menyiapkannya sebaik mungkin. 

Syarat-Syarat Kuliah di Jerman

Belajar bahasa Jerman

Setiap universitas atau lembaga pendidikan tentu memiliki persyaratan masuk yang harus dipenuhi para calon mahasiswa, tak terkecuali di Jerman. Berikut ini beberapa syarat kuliah di Jerman yang harus Anda penuhi, di antaranya:

1. Residence Permit dan Visa

Untuk tinggal di negara lain tentu memerlukan dokumen izin berupa visa. Untuk persyaratan yang satu ini Anda bisa datang langsung ke Kedutaan Jerman di Indonesia.

Selain mengurus dokumen visa dan residence permit atau izin tinggal, Anda juga bisa berkonsultasi syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat dokumen tersebut. Beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk membuat visa adalah sebagai berikut:

  • Ijazah dan transkrip nilai
  • Rekening sebagai bukti sumber keuangan yang memadai untuk tinggal di Jerman dengan minimal saldo 720 EUR per bulan atau 8.000 EUR per tahun
  • Sertifikat bahasa Jerman dari institusi yang terpercaya
  • Dokumen asuransi kesehatan untuk di Jerman
  • Surat pemberitahuan penerimaan di universitas pilihan
  • Paspor dan formulir pendaftarn lengkap

2. Memiliki Kemampuan Bahasa Jerman

Bahasa pengantar selama kuliah di Jerman adalah bahasa Jerman sehingga setiap mahasiswa dituntut untuk menguasai bahasa ini. Anda bisa belajar secara otodidak namun sangat disarankan untuk mengikuti kursus di lembaga-lembaga yang terpercaya.

Dengan mengikuti kursus Anda akan mendapatkan sertifikat kemampuan berbahasa Jerman yang bisa digunakan untuk memenuhi persyaratan administrasi ketika mendaftar ke perguruan tinggi di Jerman.

Kemampuan berbahasa Jerman ini juga diperlukan saat mengajukan Visa Freiwilige Soziales Jahr (FSJ) atau visa studi. Itu sebabnya kemampuan berbahasa Jerman menjadi salah satu syarat kuliah di Jerman dan sangat wajib dimiliki.

Kemampuan bahasa Jerman yang perlu Anda miliki paling tidak sampai bisa berbicara bahasa Jerman dan lulus di level A1. Kemampuan ini juga sangat berguna nantinya ketika Anda tinggal di Jerman dan berkomunikasi dengan teman di perkuliahan maupun penduduk sekitar.

3. Mengikuti Program Studienkolleg

Jika Anda hendak mengambil S1 di Jerman maka Anda harus mengikuti program penyetaraan terlebih dahulu di Studienkolleg selama dua semester. Hal ini dikarenakan ijazah sekolah menengah di luar Jerman dianggap tidak setara dengan standar yang ada di Jerman.

Setelah lolos program penyetaraan tersebut, Anda baru bisa mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Anda juga perlu mendapatkan kualifikasi penerimaan universitas atau hochschulzugangsberechtigung.

4. Tes Bakat dan Kecerdasan (Aptitude Test)

Tes untuk bakat dan kecerdasan diperlukan untuk menilai sejauh mana kemampuan Anda terhadap program atau jurusan yang diambil. Aptitude test terdiri dari 3 bagian yaitu the core test, tes bahasa atau onScreen, dan subject-specific test modules.

Tes ini juga sangat berguna untuk Anda dalam menentukan jurusan apa yang sebaiknya dipilih agar sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.

5. Persyaratan Akademis

Persyaratan akademis tentu menjadi salah satu hal utama yang harus Anda penuhi seperti ijazah kelulusan, transkrip nilai, atau sertifikat prestasi lainnya. Sertifikat ujian seperti TOEFL juga sangat diperlukan untuk mengetahui kemampuan Anda dalam berbahasa asing.

Setelah semua persyaratan di atas terpenuhi, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan mental dan kemampuan lainnya yang dibutuhkan untuk mengikuti perkuliahan.

Persiapan finansial untuk biaya makan dan tempat tinggal di sana juga sangat penting untuk dipersiapkan. Anda tidak perlu khawatir ketika kuliah di Jerman karena negara ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin belajar di universitas luar negeri. Baik dari segi kualitas, biaya, dan kredibilitasnya.