Ketahui Kekurangan Menggunakan Expired Domain pada Website

Ketahui Kekurangan Menggunakan Expired Domain pada Website

Domain tentunya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah website. Bukan tanpa alasan karena domain ini bisa dibilang jati diri sekaligus alamat langsung oleh website tersebut. Tidak heran apabila kemudian banyak orang yang lantas sangat memperhatikan domain ini. Bahkan bisa dibilang, banyak cara yang lantas dilakukan guna bisa memiliki domain seperti yang diinginkan.

Tidak terkecuali dengan menggunakan expired domain untuk website yang dimiliki. Banyak yang beranggapan bahwa dengan menggunakan expired domain maka lebih memudahkan memudahkan sekaligus membawa banyak keunggulan. Hal tersebut memang benar adanya tapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa tetap saja ada kekurangan yang mengintai. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, ada kekurangan menggunakan expired domain pada website seperti berikut ini.

Baca Juga Ketahui 5 Fitur Patchman yang Bisa Mengamankan Website Anda

Ketahui Kekurangan Menggunakan Expired Domain pada Website

Kekurangan Menggunakan Expired Domain

1. Ranking Alexa yang Tidak Valid

Kekurangan pertama yang akan didapatkan ketika Anda memutuskan menggunakan expired domain adalah ranking alexa yang tidak valid. Dalam artian, mungkin awalnya Anda diberi tahu bahwa domain tersebut memiliki ranking yang tinggi. Sesuatu yang kemudian membuat Anda tanpa pikir panjang langsung menggunakan domain tersebut. Namun ternyata setelah diaktifkan, rangking yang dimiliki oleh domain tersebut malah tergolong kecil. Apabila hal tersebut yang sampai terjadi kepada Anda pastinya akan sangat merugikan. Namun hal tersebut adalah risiko yang mesti ditanggung dari memutuskan menggunakan expired domain.

2. Domain Ternyata Pernah Terkena Pinalti Google

Pinalti Google bisa dibilang adalah mimpi buruk bagi setiap pemilik website. Bukan tanpa alasan karena ketika sebuah website terkena pinalti dari Google maka website tersebut bisa dibilang website telah blacklist. Kondisi tersebut membuat semua konten tersebut tidak akan pernah muncul di mesin pencarian Google. Apabila hal tersebut yang terjadi maka bisa dipastikan bahwa nantinya akan sangat merugikan. Jadi kemungkinan Anda mendapatkan domain dengan kondisi ini tetap terbilang cukup besar. Sudah bisa dipastikan bahwa apabila Anda mendapatkan domain jenis ini maka kerugianlah yang didapatkan dan mesti membangun dari benar-benar awal lagi.

3. Backlink Tergolong Berkualitas Rendah

Sebelum Anda membeli sebuah domain maka sangat disarankan untuk memperhatikan backlink yang digunakan. Pastikan juga bahwa backlink yang digunakan tersebut tergolong baik dan juga berkualitas. Soalnya backlink ini sendiri berhubungan langsung dengan kualitas yang dimiliki oleh website tersebut. Perlu diketahui bahwa ternyata banyak domain expired yang ternyata memiliki backlink tergolong berkualitas rendah. Apabila hal ini yang sampai terjadi maka pastinya akan sangat merugikan bagi Anda.

4. Domain Pernah Digunakan untuk Tujuan Negatif

Tentunya sebagai pemain domain expired tentunya Anda tidak pernah tahu domain tersebut sebelumnya digunakan untuk apa saja. Soalnya bisa saja bahwa domain tersebut pernah digunakan untuk tujuan negatif oleh pemiliknya sebelumnya. Apabila hal tersebut yang memang benar-benar terjadi maka bisa dipastikan bahwa kerugian tersebut haruslah Anda sendiri yang menanggungnya. Contoh sederhananya adalah ketika domain tersebut ternyata pernah digunakan untuk membuat konten SARA, pertikaian, fitnah hingga hoax. Sesuatu yang kemudian membuat banyak pihak lebih mengenal domain tersebut dengan sesuatu yang buruk sekaligus negatif. Anda yang mewarisi domain tersebut maka secara langsung juga akan mewarisi citra buruk dan juga negatif yang dimiliki oleh domain tersebut.

Baca Juga Tips Lindungi Website dari Hacker dengan 5 Plugin Security Terbaik

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang kekurangan menggunakan expired domain pada website. Jadi bagi Anda yang ingin memilih menggunakan expired domain maka sebaiknya berpikir matang terlebih dan mengetahui segala risiko yang mesti dihadapi.