Ketahui Jenis Cyber Crime yang Paling Banyak Terjadi di Dunia

Ketahui Jenis Cyber Crime yang Paling Banyak Terjadi di Dunia

Semua hal di dunia ini tentunya tak ubahnya sebuah koin yang memiliki sisi negatif maupun sisi positif di dalamnya. Hal yang sama juga berlaku untuk kehadiran internet yang tentunya memiliki banyak manfaat terutama mempermudah banyak urusan dan pekerjaan. Namun jangan lupakan juga dengan sisi negatifnya yang tidak boleh dipandang sebelah mata begitu saja. Sisi negatif tersebut adalah risiko kejahatan di dunia internet yang terbilang sangat tinggi.

Termasuk cyber crime yang tentunya terbilang sangat berbahaya karena akan sangat merugikan apabila sampai menimpa Anda. Meskipun terbilang terkenal tapi pada kenyataannya masih banyak yang belum mengetahui cyber crime ini secara mendetail termasuk dengan jenisnya yang terbilang cukup banyak. Bagi Anda yang belum tahu, ada jenis cyber crime yang paling banyak terjadi di dunia seperti berikut ini.

Baca Juga Contoh Kejahatan Cyber Crime yang Wajib untuk Diwaspadai

Ketahui Jenis Cyber Crime yang Paling Banyak Terjadi di Dunia

Daftar Jenis Cyber Crime

1. Pencurian Data

Jenis cyber crime pertama yang tergolong paling banyak terjadi di dunia adalah pencurian data. Sayangnya, masih banyak orang yang beranggapan bahwa pencurian data ini adalah sesuatu yang sepele dan juga sederhana. Padahal pada kenyataannya, pencurian data ini bukanlah sesuatu yang sepele. Soalnya biasanya pencurian data akan menimbulkan kerugian finansial maupun yang lainnya. Tidak heran apabila kemudian pencurian data ini dimasukan ke dalam golongan cyber crime yang cukup sering terjadi di berbagai belahan dunia.

2. Cyber Terorism

Dari namanya saja, pastinya Anda sudah bisa menebak tentang cyber crime yang satu ini. Seperti namanya, jenis serangan ini merupakan jenis serangan internet berbentuk terorisme. Seperti yang diketahui bahwa tindakan terorisme adalah tindakan yang tergolong sangat berbahaya. Soalnya bisa menyebabkan hilangnya nyawa dan juga kekacauan. Hal tersebutlah yang kemudian membuat banyak negara lantas sangat memerangi cyber terorism ini. Hal ini bisa dilihat langsung dari banyaknya negara yang melakukan pencegahan besar-besar agar cyber terorism tidak masuk ke negara mereka maupun tidak menyebar secara lebih jauh lagi.

3. Hacking

Untuk cyber crime yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Hal tersebut disebabkan karena sudah banyak kasus hacking yang terjadi di berbagai tempat. Sederhananya, hacking ini adalah tindakan peretasan maupun penyadapan yang digunakan demi kepentingan sebuah pihak. Sesuatu yang pastinya akan sangat merugikan apabila sampai menimpa Anda.

4. Carding

Dengan kemajuan zaman seperti sekarang ini maka banyak hal yang juga ikut berubah. Salah satunya yang berubah adalah cara pembayaran yang sudah tidak berpusat pada cara konvensional lagi. Termasuk di dalamnya adalah penggunaan kartu kredit yang terbilang sudah banyak digunakan. Sayangnya, penggunaan kartu kredit ini tidak lepas dari berbagai risiko yang berbahaya.

Termasuk cyber crime yang seringkali dikenal dengan nama Carding seperti yang satu ini. Bagi Anda yang belum tahu, carding ini adalah sistem penipuan yang menggunakan kartu kredit. Jadi nantinya ada pihak yang menggunakan kartu kredit milik orang lain untuk kepentingannya sendiri. Hal ini tentunya akan sangat merugikan karena uang yang dimiliki mesti menjadi pihak lain. Untuk carding ini sendiri bisa dibilang masih banyak terjadi di luar negeri dan cukup jarang terjadi di Indonesia.

Baca Juga 5 Jenis Cyber Crime yang Masih Asing untuk Banyak Orang

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang jenis cyber crime yang paling banyak terjadi di dunia. Hal ini tergolong penting supaya nantinya Anda menjadi lebih hati-hati dan juga jangan sampai menjadi korban dari salah satu cyber crime tersebut.