Cara Perbaiki Laptop Mati Sendiri

Cara Perbaiki Laptop Mati Sendiri

Cara Perbaiki Laptop Mati Sendiri – Mengingat fungsinya yang terbilang beragam dan juga vital, pastinya membuat orang memutuskan untuk memiliki laptop sendiri. Soalnya dengan memliki laptop sendiri pastinya akan lebih mudah untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan Anda sehari-hari.

Sayangnya, para pemilik laptop juga harus selalu siap dengan berbagai masalah yang bisa terjadi kapan saja pada laptop tersebut. Salah satu masalahnya adalah laptop yang seringkali mati sendiri.

Padahal laptop sedang digunakan dan Anda belum memberikan perintah untuk mematikannya. Hal ini pastinya akan menjadi masalah serius karena membuat Anda tidak bisa mengoperasikan laptop seperti biasanya.

Untungnya, sudah ada cara perbaiki laptop mati sendiri seperti berikut ini.

Baca Juga 5 Penyebeb Laptop Lemot Perlu Kamu Ketahui

Cara Perbaiki Laptop Mati Sendiri

Perbaiki Laptop Mati Sendiri

1.  Ganti Sumber Daya Laptop

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki laptop yang mati sendiri adalah dengan mengganti sumber daya laptop. Bukan tanpa alasan karena salah satu faktor penyebab dari laptop yang seringkali mengalami kondisi mati sendiri adalah sumber daya yang bermasalah.

Padahal seperti yang diketahui bahwa sumber daya adalah hal yang sangat vital dan sangat mempengaruhi performa dari laptop. Jadi apabila laptop Anda sampai mengalami masalah seperti mati sendiri maka sumber daya laptop mengalami masalah.

Sumber daya laptop ini sendiri bisa mencakup baterai laptop hingga kabel charger. Jadi solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengganti sumber daya laptop tersebut dengan yang baru.

Namun yang perlu menjadi catatan adalah bahwa tidak hanya sumber daya tersebut yang baru tapi usahakan juga asli. Soalnya apabila ternyata sumber daya tersebut ternyata tergolong palsu maka bisa mempengaruhi performa dari laptop Anda.

Tidak menutup kemungkinan malah akan memunculkan masalah baru lainnya. Jadi usahakan untuk mengganti sumber daya laptop tersebut dengan yang baru sekaligus dengan yang asli.

2. Perbaiki Sistem Pendingin Laptop

Mungkin selama ini masih banyak yang beranggapan bahwa pendingin pada laptop adalah sesuatu yang tidak terlalu penting. Padahal kehadiran sistem pendingin ini sendiri bisa dibilang sangat vital untuk performa maupun kinerja laptop Anda.

Masalahnya adalah banyak orang yang membiarkan dan tidak merawat sistem pendingin laptop. Kondisi sistem pendingin laptop yang tidak dirawat jelas akan mengganggu performa laptop ini.

Salah satu dampak yang mungkin terjadi adalah laptop yang menjadi mati sendiri. Sesuatu yang pastinya akan sangat merugikan bagi Anda apabila sampai terjadi.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai memperbaiki sistem pendingin laptop tersebut. Hal tersebut bisa dimulai dengan mengganti thermal paste pada pendingin laptop, mengganti heatsink hingga yang paling penting yaitu membersihkan kipas pendingin.

Kombinasi tersebutlah yang diharapkan bisa mengembalikan performa laptop seperti semula dan juga menghentikan masalah laptop yang mati sendiri.

Baca Juga Cara Bobol WiFi Menggunakan CMD Komputer Atau Laptop

3. Ganti Perangkat yang Rusak

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda praktikan adalah dengan mengganti perangkat yang rusak. Perangkat rusak seperti RAM hingga processor jelas akan mengganggu performa dari laptop tersebut.

Hal itulah yang kemudian menimbulkan masalah pada laptop tidak terkecuali masalah laptop yang mati sendiri. Solusi yang bisa Anda lakukan tentunya adalah mengganti perangkat yang sudah rusak tersebut dengan perangkat yang masih baru.

Hal ini nantinya akan mengembalikan performa laptop seperti semula.

Baca Juga 2 Cara Screenshot Game Di Komputer Dan Laptop

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara perbaiki laptop mati sendiri. Jadi apabila Anda menghadapi masalah ini maka sudah tahu cara terbaik dalam mengatasinya.