Cara Mematikan Antivirus Di PC Supaya Bisa Install Aplikasi

4 menit

Aplikasi antivirus pada pc memang sanagt digemari oleh para pengguna komputer ataupun laptop karena kemampuannya yang dapat menghilangkan virus dan mengamankan pc dari serangan virus.

Namun, terkadang aplikasi antivirus juga bisa keliru dalam menilai program atau aplikasi yang merupakan virus dan bukan virus. Tentu hal ini akan sangat mengganggu.

Baca Juga : Cara Menghapus Virus Di Flashdisk Dengan Mudah Dan Ampuh

Biasanya saat kamu menginstall aplikasi akan mematikan antivirus dahulu karena jika tidak maka aplikasi tersebut tidak bisa diinstall karena aplikasi antivirus kamu menyangka bahwa aplikasi tersebut adalah virus padahal bukan.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui cara mematikan antivirus di pc. Berikut Cara Mudah Mematikan Antivirus Di PC Supaya Bisa Install Aplikasi.

4 Cara Mematikan Antivirus Supaya Bisa Install Software

Cara Mematikan Antivirus : Windows Defender, Avast, Avira, AVG
Cara Mematikan Antivirus : Windows Defender, Avast, Avira, AVG

Cara mematikan antivirus di komputer dan laptop ini bisa menjadi refernsi untuk kamu yang memasang antivirus di perangkat komputer atau laptop kamu.

Cara mematikan antivirus ini juga bisa kamu lakukan dengan cara yang mudah dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Dibawah ini cara mudah mematikan antivirus di komputer dan laptop untuk pemula.

1. 2 Cara Mematikan Windows Defender

a. Mematikan Windows Defender di Menu Services

Mematikan Windows Defender di Menu Services
Mematikan Windows Defender di Menu Services

Cara pertama untuk mematikan Windows Defender di pc adalah dengan melalui menu services yang ada di computer atau laptop kamu. Untuk melakukan cara ini, pertama kamu harus tekan tombol CTRL + R pada keyboard pc kamu dan ketikan services.msc lalu tekan enter.

Dengan begitu, maka menu services akan terbuka dan kamu bisa cari Windows Defender lalu klik kanan dan pilih opsi properties.

Pada tab general, kamu ubah saja startup type nya menjadi disable dan klik ok atau apply untuk menyimpan perubahan tersebut. Dengan begitu, maka Windows Defender di pc kamu akan berhenti dengan otomatis.

Namun, jika kamu sudah install aplikasi yang kamu inginkan dan kamu ingin mngaktifkan kembali Windows Defender, maka kamu tinggal masuk ke menu services seperti di atas. Pada bagian startup type kamu ubah menjadi automatic dan klik ok.

b. Mematikan Windows Defender di Menu Settings

Mematikan Windows Defender di Menu Settings
Mematikan Windows Defender di Menu Settings

Cara kedua untuk mematikan Windows Defender di perangkat pc adalah dengan melalui menu settings yang ada di computer atau laptop kamu. Pertama, kamu buka aplikasi Windows Defender yang ada di pc kamu dan klik tombol Windows lalu ketikan saja Windows Defender.

Jika aplikasi sudah berjalan, kamu buka saja menu virus & threat protection dan matikan semua proteksi yang tampil di menu tersebut. Dengan begitu, Windows Defender sudah dinonaktifkan.

2. Mematikan Antivirus Avast

Cara Mematikan Antivirus Avast
Cara Mematikan Antivirus Avast

Cara untuk mematikan antivirus ini bisa kamu lakukan untuk kamu yang menggunakan aplikasi antivirus Avast di perangkat komputer atau laptop kamu.

Avast merupakan aplikasi antivirus untuk Windows yang menjadi salah satu aplikasi antivirus pc paling populer dan banyak digunakan di dunia. Pasalnya aplikasi ini menawarkan banyak fitur menarik dan canggih.

Namun, seperti kebanyakan aplikasi antivirus pada pc lainnya dimana aplikasi Avast juga terkadang keliru dalam menilai program atau aplikasi.

Untuk bisa mematikan antivirus Avast ini maka pertama kamu bisa mengarahkan kursor pada system tray di taskbar. Setelah itu, kamu bisa matikannya dalam 10 menit ataupun 1 jam lalu restart komputer atau laptop.

3. Mematikan Antivirus AVG

Cara kedua untuk mematikan antivirus di komputer dan laptop ini bisa menjadi panduan untuk kamu yang menggunakan aplikasi antivirus AVG di pc kamu.

Aplikasi antivirus AVG ini juga sudah sangat populer digunakan oleh para pengguna komputer maupun laptop karena kemampuannya yang dapat mengamankan perangkat pc dari serangan virus berbahaya.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Password Laptop Yang Lupa Dengan Mudah

Untuk mematikan antivirus AVG ini juga cukup mudah dimana kamu hanya perly arahkan kursor ke tanda segitiga lalu kau pilih antivirus VG dengan klik kana di system trau.

Setelah itu, kamu klik Temorarily disable AVG proctection. Kemudian kamu klik saja pada bagian OK maka antivirus AVG kamu sudah dinonaktifkan dan kamu bisa memasang aplikasi di pc kamu.

4. Mematikan Antivirus Avira

Cara mematikan antivirus pada pc ini bisa kamu lakukan pada perangkat komputer atau laptop yang menggunakan antivirus Avira. Antivirus ini juga memiliki banyak fitur menarik dan canggih sehingga membuat aplikasi ini sangat populer di dunia. Selain itu, aplikasi ini juga ramah pengguna dengan tool dan menu yang dapat mudah dipahami.

Meski begitu, kamu perlu mematikan antivirus ini saat akan menginstall apliaksi karena jika tidak maka proses install bisa diblock karena dianggap virus. Untuk mematikan antivirus Avira kamu bisa klik pada system tray dan kamu pilih logo antivirus Avira.

Setelah itu, kamu hilangkan ceklist yang ada di Enable Real-Time Protection. Dengan begitu antivirus Avira kamu sudah dinonaktifkan.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Penyimpanan Disk C PC Penuh Dengan Mudah

Nah, itu dia cara mudah mematikan antivirus di komputer dan laptop untuk pemula yang bisa kamu lakukan saat menginstall aplikasi di komputer atau laptop kamu.

Cara diatas juga sering dilakukan oleh para pengguna komputer ataupun laptop saat hendak menginstall suatu aplikasi di perangkat pc mereka. Terima kasih.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments