Cara Membersihkan Layar Laptop yang Paling Benar

Cara Membersihkan Layar Laptop yang Paling Benar

Kehadiran laptop tidak bisa dipungkiri sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang sekarang ini. Hal tersebut tentunya tidak bisa dilepaskan dari berbagai pekerjaan yang bisa diselesaikan secara jauh lebih mudah menggunakan laptop. Kondisi tersebutlah yang pastinya kemudian membuat banyak orang ingin laptop yang dimilikinya selalu bisa berfungsi sekaligus selalu bisa diandalkan. Untuk itulah, penting sekali bagi Anda untuk selalu menjaga kondisi dari laptop tersebut.

Tidak terkecuali menjaga kondisi layar laptop yang bisa dibilang adalah bagian yang sangat vital. Untuk bisa menjaga kondisi layar laptop ini tentunya Anda perlu melakukan pembersihan yang bukan hanya rutin tapi juga tepat pada layar laptop. Bagi Anda yang masih belum tahu, ada cara membersihkan layar laptop yang paling benar seperti berikut ini.

Baca Juga Cara Sceenshot Layar Laptop

Cara Membersihkan Layar Laptop yang Paling Benar

Cara Bersihkan Layar Laptop

1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Tepat

Cara pertama yang mesti Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan alat dan bahan yang tepat terlebih dulu. Bukan tanpa alasan karena selama ini masih banyak yang salah dalam memilih alat untuk membersihkan layar laptop. Sangat disarankan untuk menggunakan alat dan bahan yang tepat seperti kain pembersih khusus layar laptop hingga penggunaan microfiber. Kombinasi inilah yang nantinya dianggap paling mampu untuk membersihkan layar laptop secara lebih sempurna. Jadi tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempersiapkan dua alat tersebut terlebih dulu.

2. Matikan Laptop

Kesalahan banyak orang yang selama ini masih sering dilakukan adalah dengan membersihkan layar laptop dengan kondisi laptop masih menyala. Banyak orang yang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang sepele tapi pada kenyataannya kebiasaan yang satu ini cukup berbahaya. Soalnya apabila Anda tetap membersihkan layar laptop dengan kondisi laptop maka bisa meningkatkan risiko laptop mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan karena sistem dan juga mesin laptop yang masih menyala. Untuk menghindari kerusakan tersebut, maka sangat disarankan untuk mematikan laptop terlebih dulu sebelum nantinya mulai membersihkan layar laptop yang ada.

3. Gunakan Kain Microfiber untuk Debu Ringan

Sebelum Anda membersihkan layar laptop maka ada baiknya untuk mengetahui jenis debu yang mengotori layar laptop Anda. Soalnya untuk tiap jenis debu tentunya cara membersihkan juga berbeda. Contohnya adalah apabila ternyata layar laptop Anda dikotori dengan debu ringan maka sebaiknya gunakan kain microfiber untuk membersihkannya. Bukan tanpa alasan karena kain microfiber ini sendiri dianggap yang paling cocok untuk membersihkan debu ringan.

4. Gunakan Spons untuk Debu Berat

Sedangkan apabila layar laptop Anda dikotori dengan debu berat maka sebaiknya jangan menggunakan kain microfiber tapi lebih baik gunakan spons. Cara menggunakannya sendiri terbilang cukup mudah yaitu Anda hanya perlu membasahkan spons baru dengan air secukupnya. Barulah setelah itu, Anda mulai membersihkan layar laptop yang kotor dengan spons tersebut.

5. Gunakan Semprotan Pembersih untuk Noda Membandel

Apabila layar laptop yang Anda miliki ternyata dikotori oleh noda yang membandel pastinya membuat bingung. Untungnya, masih ada cara tepat untuk membersihkan noda membandel ini. Cara paling tepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan semprotan pembersih untuk noda membandel tersebut. Nantinya, setelah menggunakan semprotan pembersih ini maka Anda bisa membersihkan layar laptop secara lebih sempurna.

Baca Juga Cara Screenshot Di Layar Komputer Atau Laptop paling Simpel

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara membersihkan layar laptop yang paling benar. Jadi jangan sampai Anda melakukan kesalahan maupun kekeliruan yang membuat Anda tidak membersihkan layar laptop seperti seharusnya.