Cara Maksimalkan Windows 10 untuk Lebih Ngebut

Cara Maksimalkan Windows 10 untuk Lebih Ngebut

Sistem operasi yang digunakan pada perangkat memang terbilang sangat vital sekali. Bukan tanpa alasan karena sistem operasi ini akan sangat menentukan sekali performa dari perangkat teknologi tersebut.

Tidak terkecuali bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows untuk perangkat komputer yang dimiliki. Bagi Anda yang memilih Windows tentunya Windows 10 yang paling difavoritkan.

Namun nyatanya di balik segala keunggulan positif dari Windows 10 ini ternyata ada cela yang selama ini dirasakan oleh penggunanya. Salah satu cela tersebut adalah performa Windows 10 yang seringkali melambat dan juga lelet.

Sesuatu yang pastinya akan menghambat aktivitas Anda ketika menggunakannya. Untungnya, ada cara maksimalkan performa Windows 10 untuk jadi lebih ngebut seperti berikut ini.

Baca Juga Daftar Cara Mudah Mematikan Windows Defender Di Komputer Dan Laptop

Cara Maksimalkan Windows 10 untuk Lebih Ngebut

Cara Maksimalkan Performa Windows 10

1. Lakukan Restart

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah yang satu ini adalah dengan melakukan restart. Seperti yang diketahui bahwa restart ini memang sudah lama dijadikan solusi atas berbagai permasalahan  yang terjadi pada perangkat.

Dengan melakukan restart ini maka sistem operasi pada perangkat bisa berfungsi lagi seperti semula. Hal yang sama juga bisa diterapkan pada perangkat Windows 10 Anda yang mengalami lemot.

Jadi jika Anda mengalami masalah ini maka segeralah melakukan restart pada perangkat yang Anda miliki. Nantinya dengan melakukan restart ini maka sistem operasi pada perangkat Anda bisa berfungsi seperti semula. Hal ini pastinya akan mampu mempercepat performa Windows 10 yang Anda miliki.

2. Tutup Program dengan Kapasitas Terlalu Besar

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan menutup program dengan kapasitas terlalu besar. Satu kesalahan yang masih seringkali dilakukan banyak orang adalah dengan memaksakan program dengan kapasitas besar pada perangkat tidak cocok.

Seperti yang diketahui bahwa untuk bisa menjalakan program dengan kapasitas besar maka dibutuhkan perangkat dengan spek mendukung. Apabila Anda tetap memaksakan menjalankan program kapasitas besar dengan perangkat yang tidak mendukung maka jelas akan berdampak pada performa yang menjadi lemot

Solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah satu ini adalah dengan menutup program dengan kapasitas besar. Hal ini untuk membuat performa Windows 10 ini bekerja seperti normal lagi.

3. Cegah Program Berjalan Saat Startup

Faktor yang seringkali jarang disadari oleh banyak orang yang membuat Windows 10 adalah menjalankan program saat startup. Sudah jelas, apabila Anda melakukan hal ini maka akan berefek pada performa Windows 10.

Bahkan membuat Windows 10 lantas menjadi lambat. Langkah pencegahannya adalah dengan tidak membuka program saat startup.

4. Lakukan Scanning pada Sistem Windows

Melakukan scanning pada sistem Windows juga adalah langkah tepat yang bisa diambil untuk mengatasi performa lambat Windows 10. Soalnya apabila Windows 10 ini jarang dilakukan proses scanning maka risiko terkena virus hingga malware sangat tinggi.

Guna mencegahnya maka rutinlah dalam melakukan scanning pada sistem Windows yang dimiliki.

5. Uninstall Program yang Memberatkan

Sedangkan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menguninstall program yang memberatkan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab dari Windows 10 menjadi lambat adalah karena terlalu banyak program berat di dalamnya.

Jadi sebaiknya Anda mulai mengunsintall program yang memberatkan tersebut.

Baca Juga Cara Install Bash Linux Di OS Windows 10 Untuk Hacking

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara maksimalkan performa Windows 10 untuk jadi lebih ngebut. Supaya nantinya Anda bisa lebih menikmati menggunakan Windows 10 ini.