Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Cara Kirim Lamaran Lerja via Email – Seperti yang diketahui bahwa internet memang memiliki fungsi dan manfaat yang banyak sekali. Sesuatu yang kemudian berdampak pada banyak hal yang juga ikut berubah.

Salah satunya adalah kebiasaan mengirim lamaran pekerjaan. Apabila dulu, mengirim lamaran pekerjaan hanya bisa menggunakan pos maka sekarang Anda bisa mengirim lamaran pekerjaan menggunakan internet.

Lebih spesifiknya lagi menggunakan email. Dengan mengirimkan lamaran menggunakan email tentunya lebih hemat biaya dan juga lebih praktis menggunakannya.

Bahkan sekarang ini, sudah banyak perusahaan yang lebih memilih menerima lamaran via email daripada via konvensional. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana caranya.

Untungnya, sudah ada cara mengirim lamaran lewat email seperti berikut ini.

Baca Juga Cara Mudah Buat Email di HP

Cara Kirim Lamaran Kerja Lewat Email

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email
Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

1. Persiapkan Dokumen

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan untuk mengirim lamaran lewat email adalah dengan mempersiapkan dokumen terlebih dulu. Tentunya pastikan bahwa Anda memang sudah mempersiapkan dokumen secara lengkap.

Terutama dokumen yang diminta oleh perusahaan dari tempat Anda melamar pekerjaan. Mulai dari seperti ijazah, SKCK, sertifikat pengalaman kerja hingga dokumen yang memang diminta oleh perusahaan tersebut.

Jangan lupakan juga untuk melakukan scan pada dokumen-dokumen tersebut supaya bisa berbentuk pdf. Soalnya dengan dokumen tersebut maka ukurannya menjadi tidak terlalu besar dan tentunya akan jauh lebih mudah dikirimkan.

2. Gunakan Alamat Email yang Baik

Satu kesalahan besar yang masih sering dilakukan banyak orang ketika mengirim lamaran lewat email adalah dengan menggunakan alamat email yang kurang tepat. Alamat email yang kurang tepat ini seperti menggunakan nama samaran atau nama yang tidak sesuai dengan nama asli Anda.

Padahal sudah jelas bahwa nama atau alamat email yang Anda miliki akan menjadi pertimbangan pertama dari perusahaan. Jadi usahakan untuk menggunakan alamat email yang baik dan juga terkesan formalnya.

Contoh terbaiknya adalah dengan menggunakan nama lengkap Anda untuk alamat email yang dimiliki tersebut.

Baca Juga Cara Atasi Lupa Password Gmail dengan Email

3. Kirim Email Sesuaikan dengan Standar

Cara Kirim Lamaran Lerja via Email
Cara Kirim Lamaran Lerja via Email

Apabila syarat di atas sudah berhasil Anda penuhi maka lanjutkan dnegan menuliskan lamaran sesuai dengan standar. Standar tersebut diawali dengan memastikan bahwa Anda sudah menuliskan alamat email perusahaan dengan benar.

Soalnya apabila Anda sampai salah menuliskannya maka bisa dipastikan bahwa email tersebut tidak akan pernah sampai ke sasaran. Lanjutkan dengan menulis isi dan subjek email yang benar.

Subjek email ini sendiri biasanya adalah posisi pekerjaan yang Anda lamar. Anda harus mengisinya untuk lebih mempermudah HRD dalam menerima lamaran yang Anda kirim.

Apabila sudah, lanjutkan dengan menulis lamaran kerja di body email. Menulis lamaran kerja ini tak ada bedanya dengan menulis lamaran kerja konvensional.

Pastikan Anda menulisnya dengan ringkas dan juga efektif. Jangan lampirkan juga lampirkan semua dokumen yang sudah dipersiapkan dan diminta oleh perusahaan.

4. Kirim Lamaran pada Jam Kerja

Sedangkan langkah terakhir yang mesti Anda lakukan adalah dengan mengirimkan lamaran tersebut pada jam kerja. Jam kerja ini sendiri bisa dimulai dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore.

Jangan sampai Anda mengirim lamaran di luar jam kerja tersebut karena nantinya Anda akan dianggap tidak beretika dan tidak profesional. Sesuatu yang jelas akan menurunkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Baca Juga Tips Meningkatkan Keamanan Email dari Kejahatan Siber

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara mengirim lamaran lewat email. Jadi bagi Anda yang masih bingung mengirim lamaran via email bisa meniru cara tersebut.