Cara Kembalikan File Terhapus di Windows

Laptop atau komputer merupakan salah satu perangkat yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan berkas digital alias file. Jenis file yang dapat kita simpan di perangkat komputer atau laptop ada berbagai macam jenis format mulai dari foto, video, dan dokumen lainnya.

Nah seperti sama yang kita ketahui bahwa komputer memilikin kapasitas media penyimpanan yang memiliki batasan maksimum masing-masing, hal inilah yang terkadang membuat kita harus menghapus sebagian file demi mengosongkan sebagian ruang penyimpanan. Lalu bagaimana jika file yang kita hapus tersebut berguna di kemudian hari?.

Cara Kembalikan File Terhapus di Windows

Cara Kembalikan File Terhapus di Windows

Untuk kamu yang menggunakan Windows sebagai sistem operasi di komputer atau laptop, tenang saja karena kami punya beberapa cara untuk mengembalikan file yang sudah terhapus di sistem operasi ini. Berikut kami bocorkan beberapa caranya.

1. Recycle Bin

Recycle Bin

Jadi Windows memiliki fitur atau aplikasi yang bernama ‘Recycle Bin’, lalu bagaimana dengan cara kerja fitur ini?. Jadi setiap file yang kita hapus di Windows tidak akan langsung terhapus secara permanen alias tidak bisa dikembalikan lagi, melainkan masuk dulu di aplikasi Recycle Bin ini.

File yang ada di Windows akan terhapus secara permanen jika kita juga menghapusnya di Recycle Bin. Jadi jika ada file kamu yang secara sengaja atau tidak sengaja terhapus dan ingin dikembalikan ulag bisa kok dengan cara buka Recycle Bin > Cari file yang ingin kamu kembalikan lalu klik kanan > copy lalu paste di partisi media penyimpanan yang kamu inginkan.

Baca Juga: Tips Temukan Jaringan Wifi Gratis Secara Jauh Lebih Mudah

2. Recuva

Cara sebelumnya tadi yakni mengembalikan file yang belum terhapus di Recycle Bin, lalu bagaimana jika file tersebut sudah kita hapus di Recycle Bin sebelumnya?. Ya kita harus menggunakan software tambahan yakni Recuva.

Cara menggunakan software Recuva ini untuk mengembalikan file ini juga caranya cukup mudah kok yakni setelah tampilan awal Recuva terbuka > pilih partisi hardisk tempat file tersimpannya file sebelum hilang > pilih opsi scan > dan tunggu software secara otomatis akan menampilkan file yang sudah terhapus di komputer.

Download software Recuva Disini

3. Restore

Restore

Jadi selain Recycle Bin, sisten operasi Windows juga memiliki fitur ‘Restore’ yang mana fungsinya hampir sama dengan Recyle Bin yakni untuk mengembalikan file yang sudah terhapus. Caranya juga cukup mudah untuk mengembalikan file hilang dengan fitur Restore ini, cukup ikuti beberapa tahapan berikut.

Baca Juga: Tips Perbaiki Flashdisk Yang Sulit Dibaca Dengan Praktis

– Pilih folder atau partisi hardisk tempat file sebelumnya tersimpan sebelum terhapus atau hilang.
– Klik kanan baru pilih opsi ‘restore previous version’, maka sistem akan mengembalikan beberapa file yang sudah terhapus.

Nah itulah beberapa cara kembalikan file yang sudah terhapus di Windows, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.