Cara Charger PowerBank Agar Tidak Cepat Rusak

PowerBank sebenarnya merupakan benda yang cukup penting untuk kita miliki karena memiliki fungsi untuk mengisi daya baterai smartphone khususnya saat dalam keadaan darurat seperti sedang tidak berada di rumah, sedang berada pada tempat yang tidak ada stop kontak dan lainnya. Cukup penting bukan? bayangkan saja kamu sedang berada di suatu tempat dan ingin menghubungi kerabat untuk jemput pulang dan tiba-tiba smarrphone kamu mati karena baterai lemah, pasti hal yang cukup menyulitkan kan?.

Cara Charger PowerBank Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Charger PowerBank Agar Tidak Cepat Rusak

Nah bagi kamu yang sudah memiliki PowerBank sebaiknya rawat PowerBank kamu denegan benar agar bisa lebih lama alias awet penggunaanya. Salah satu cara merawat PowerBank adalah dengan men-chargernya dengan cara yang benar, lalu bagaimana cara charger PowerBank yang tepat?.

1. Charger Langsung di Stop Kontak

Charger Langsung di Stop Kontak

Jadi yang pertama cara charger PowerBank yang tepat adalah dengan mencolokan langsung di stop kontak, karena banyak juga pengguna yang men-charger PowerBank-nya mengandalkan port USB laptop daj komputer. Charger PowerBank dengan port USB laptop selain proses pengisiannya lebih lama juga cukup berbahaya karena dapat menimbulkan kosleting karena daya yang dihasilkan oleh laptop tidak se stabil daya listrik langsung.

Baca Juga: Ketahui 5 Merek Power Bank yang Tergolong Fast Charging

2. Jauhkan Dari Benda Elektronik Lainnya

PowerBank adalah benda yang memiliki gelombang megnetik oleh karena itu jika dia didekatkan dengan benda yang juga memiliki gelombang magnetik seperri radio, televisi, kulkas dan lainnya akan bertabrakan gelombang magnetiknya menimbulkan kerusakan. Sebenarnya hal ini tidak hanya berlaku saat sedang proses charging PowerBank saja tapi juga saat diletakan.

3. Cabut Charger Saat PowerBank Penuh

Saat daya PowerBank sudah terisi penuh sebaiknya segera cabut kabel charger-nya, karena salah satu hal yang cepat merusak daya tampung PowerBank adalah terus men-chargernya padahal sudah penuh. Biasanya PowerBank memiliki lampu indikator berwarna hijau atau biru sebagai tanda PowerBank sudah terisi penuh.

Ada beberapa ciri jika penampung daya PowerBank kamu sudah rusak seperti yang biasanya di charger misalnya 10 jam kini hanya 5 jam untuk penuh, Dicharger seharian tapi tak kunjung penuh atau baru digunakan beberapa saat PowerBank sudah Low.

Baca Juga: Ketahui 5 Merek Power Bank yang Paling Dicari di Tahun 2020

4. Charger PowerBank Sebelum Dayanya Benar-Benar Habis

Charger PowerBank Sebelum Dayanya Benar-benar habis

Selain terlalu lama men-charger PowerBank, lambat mengisi kembali daya PowerBank juga dapat merusak penampungan daya PowerBank. Jadi perkirakan isi daya PowerBank-mu sebelum daya baterainya tinggal 15%.

5. Jangan Charger PowerBank Saat Cuaca Ekstrem

Men-Charher PowerBank saat cuaca ekstrem akan cepat merusak komponen baterainya. Yang dimaksu cuaca ekstrem adalah suhu terlalu panas atau terlalu dingin misalnya saja kamu men-charger PowerBank dibawah paparan sinar matahari itu sangat berbahaya bagi komponen baterai.

Nah itulah cara charger PowerBank agar tidak cepat rusak, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.