Cara Buat Skipsi Tidak Teredeteksi Copy Paste

Buat skipsi atau laporan syarat utamanya adalah tidak plagiat atau copy paste dari internet, karena skipsi yang plagiat saat ini dapat diketahui dosen dengan bantuan website copyscape, Duplichecker dan masih banyak tools lainnya. Pernah kah kamu berpikir gimana enaknya jika bisa copy paste skripsi di internet tanpa ketahuan?.

Cara Buat Skipsi Tidak Teredeteksi Copy Paste

Cara Buat Skipsi Tidak Teredeteksi Copy Paste

Nah sebenarnya kamu bisa saja mengambil skripsi dari internet saat ini, tapi ada beberapa teknik berikut yang perlu kamu terapkan agar skipsi-mu tidak teredeksi copy paste.

1. Tools Dosen

Tools Dosen

Sebelum lanjut lebih jauh perlu kita ketahui bahwa kebanyakan saat ini dosen menggunkan tools Trunitin untuk mencari secara rinci kalimat mana saja yang kena plagiat alias ketahuan ngambil dari internet. Aplikasi Trunitin ini sebenarnya awal diluncurkan hanya dapat kita akses dengan konekso internet PC tapi seiring dengan perkembangan jaman kini sudah ada aplikasi Trunitin yang tersedia untuk smartphone, khusus pengguna Android dapat kamu download di Google Play Store.

Baca Juga: Ketahui Faktor Utama yang Mempengaruhi Kecepatan Internet

2. Cantumkan Sumber

Semua karya digital milik orang lain yang kita ambil di internet seharusnya kita cantumkan sumbernya mulai dari foto, video hingga sampai dalam bentuk tulisan. Tapi banyak mahasiswa menyepelekan hal ini seenaknya saja ambil tulisan orang lain di internet tanpa menyantumkan sumbernya.

Jika kamu tidak mencantumkan sumber maka secara otomatis aplikasi Trunitin akan mendeteksi bahwa skipsi-mu plagiat. Cantumkan sumber itu tujuannya mengakui jika ada beberapa teks tertentu bukan milikmu, jadi aplikasi tidak mendeteksinya sebagai plagiat lagi.

3. Teknik Parafrase

Teknik Parafrase

Ini adalah teknik yang paling ampuh untuk menghindari skripsi kamu terdeteksi plagiat yakni teknik parafrase. Teknik ini parafrase ini mengubah kalimat yang kita copy dengan makna yang sama tapi kata berbeda.

Misalnya saja kalimat yang ingin kamu copy “Kampus UNHAS sangat keren” kamu bisa mengubahnya jadi “UNHAS adalah kampus yang sangat keren”. Itulah yang dinamakan teknik parafrase, dan dapat dipastikan skripsi kamu tidak akan terkena unsur plagiat.

4. Hindari Mengutip Dokumen Legal

Teknik yang ke empat adalah hindari mengutip dokumen legal terlalu banyak jika tidak ingin terdeteksi plagiat. Dokumen legal yang dimaksud seperti UUD, UU, PERPU, PERGUB hingga dokumen legal lainnya.

Karena tidak mungkin kamu menggunakan teknik Parafrase pada dokumen ilegal. Lalu apa teknik lainnya?

Baca Juga: Tips Membangun Personal Branding Paling Sukses Lewat Website

5. Yang Terakhir Ubah beberapa kata

Ubah Kata

Yang terakhir jika teknik parafrase dirasa terlalu sulit mungkin cukup gunakan teknik ubah beberapa kata dengan arti dan makna yang sama. Misalnya saja kalimat yang ingin kamu copy “Aplikasi smartphone itu sangat jelek” ubah saja beberapa kata dengan makna yang sama “Aplikasi Hp itu Sangat Buruk”.

Nah itulah beberapa teknik yang perlu kamu terapkan agar skripsimu tidak terdeteksi copy paste, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.