Cara Batasi Akses Aplikasi Berbahaya

Cara Batasi Akses Aplikasi Berbahaya

Cara Batasi Akses Aplikasi Berbahaya – Di era modern seperti sekarang ini, penggunaan aplikasi tentunya adalah bagian yang tidak terpisahkan dari setiap pemilik ponsel. Soalnya dengan kehadiran aplikasi ini tentunya akan lebih mampu memaksimalkan fungsi dari ponsel tersebut.

Tidak heran apabila kemudian banyak pengguna ponsel yang berlomba-lomba terus menginstall berbagai aplikasi di ponselnya. Padahal seperti yang diketahui bahwa akhir-akhir ini sedang ramai sekali banyaknya kasus pencurian data oleh aplikasi.

Jadi aplikasi yang Anda install pada ponsel ternyata mampu mencuri berbagai data privasi penting Anda demi kepentingan mereka sendiri. Pencurian data ini sendiri bisa terjadi karena akses yang diberikan dan dimiliki oleh aplikasi yang bersangkutan.

Untuk itulah, Anda mesti tahu cara batasi akses aplikasi yang berbahaya.

Baca Juga Cara Hindari Pencurian Data Aplikasi

Cara Batasi Akses Aplikasi Berbahaya

Batasi Akses Aplikasi

1. Gunakan VPN untuk Akses Wifi Publik

Kebutuhan akan internet memang membuat kehadiran Wifi publik yang mudah diakses menjadi sangat membantu. Apalagi bagi Anda yang memang ingin mengakses aplikasi yang hanya bisa dibuka dengan koneksi internet.

Sayangnya, banyak orang yang belum menyadari bahwa dengan menggunakan akses wifi publik ini maka besar sekali risiko yang mesti Anda tanggung. Termasuk risiko bahwa aplikasi yang Anda buka dengan Wifi publik tersebut melakukan akses terhadap berbagai data privasi maupun data pribadi ponsel Anda.

Solusi pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai menggunakan VPN ketika ingin mengakses Wifi publik tersebut. Seperti yang diketahui bahwa dengan menggunakan VPN ini maka akses internet yang Anda lakukan bisa lebih aman dan juga lebih terlindungi.

Apalagi bagi Anda yang menggunakan Wifi publik maka sangat disarankan menggunakan VPN terlebih dulu. Hal ini berguna untuk membuat akses internet Anda menjadi lebih terlindungi dan tentunya akan membuat Anda lebih merasa aman dalam mengakses internet maupun aplikasi yang dimiliki.

2. Password Manager

Satu kesalahan besar yang sayangnya masih dilakukan banyak orang adalah dengan menggunakan satu password pada banyak akun yang dimiliki. Hal ini memang membuat Anda lebih mudah mengingatnya dan juga lebih mudah dalam mengakses banyak akun dalam sekali waktu.

Sayangnya, keputusan ini jelas akan membuat mudah juga aplikasi terlarang untuk bisa membobol akun yang Anda miliki karena keamanannya yang tergolong lemah. Solusi pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkombinasikan password yang kuat dan usahakan untuk menggunakan password yang berbeda untuk tiap akun.

Kelemahan dari solusi ini tentunya Anda harus mengingat password yang rumit dan dalam jumlah yang banyak. Untungnya, sekarang ini Anda sudah mensiasatinya dengan menggunakan Password Manager.

Dengan Password Manager ini nantinya Anda bisa menyimpan berbagai password penting dan juga dalam jumlah banyak sekaligus mudah diakses.

Baca Juga 5 Cara Paling Jitu untuk Menangkal Pencurian Data dari Hacker

3. Matikan Izin Aplikasi

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mematikan izin aplikasi tersebut. Langkah ini sendiri bisa diambil ketika Anda sudah terlanjur menginstall aplikasi tersebut dan tidak ingin menguninstallnya.

Caranya sendiri tergolong mudah yaitu Anda hanya perlu menahan aplikasi yang dimaksud untuk beberapa saat. Jika sudah, lanjutkan dengan mengklik menu Info Aplikasi dan tekan Izin Aplikasi.

Akhiri dengan memilih opsi Mematikan Izin Aplikasi guna mencegah akses berbahaya pada aplikasi tersebut.

Baca Juga Trik Terjitu Mengamankan Tablet Android dari Pencurian Data

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara batasi akses aplikasi yang berbahaya. Jadi nantinya Anda bisa melakukan langkah pencegahan supaya aplikasi yang sudah terisntall tidak mengakses berbagai data privasi Anda.