Cara Atasi Flashdisk Minta Format Saat Dibuka

2 menit

Saat ini ada beberapa media penyimpanan yang bisa kita gunakan mulai dari CD/DVD, Hardisk, Memori, Flashdisk, hingga Cloud Storage Online seperti Google Drive, Box, Drop Box. Nah media penyimpanan apa yang sering kamu gunakan?

Tentunya selain hardisk sebagai media penyimpanan komputer kita juga sering menggunakan Flashdisk agar lebih simpel membawa data kita kemana-mana.

Hanya saja Flashdisk kerap bermasalah seperti yang beberapa kali saya alami muncul pesan agar mem-format Flashdisk terlebih dahulu untuk bisa mengaksesnya. Kurang lebih tampilannya seperti ini.

Apa Yang Menyebabkan Hal Tersebut Terjadi

Seperti kata pepatah tak ada asap jika tak ada api, setelah beberapa kali saya mengalami hal tersebut ternyata ada beberapa hal yang bisa saja menjadi penyebabnya, diantaranya :

1. Komponen Yang Rusak

Penyebab utama hal tersebut terjadi biasanya karena komponen flashdisk tersebut rusak yang biasanya dikarenakan pernah terbentur/terjatuh, kena air, hingga flashdisk yang merupakan barang tiruan alias KW.

2. Virus

Salah satu tujuan virus adalah merusak file ataupun sistem perangkat. Jadi kakau tiba-tiba flashdisk kamu minta format terus menerus ya besar kemungkinan itu karena virus.

3. Proses Copy File Tidak Sempurna

Proses copy file masuk kedalam flashdisk yang tidak sempurna juga menjadi salah satu penyebabnya. Seperti saat copy file tiba-tiba listrik mati atau flashdisk dicabut tiba-tiba tanpa melalui proses ‘eject’.

Baca Juga: Tips Temukan Jaringan Wifi Gratis Secara Jauh Lebih Mudah

Cara Atasi Flashdisk Minta Format Saat Dibuka

Cara Atasi Flashdisk Minta Format Saat Dibuka

1. Selamatkan File

Data Recovery

Jika permasalahan ini terjadi maka data flashdisk kita tidak bisa kita akses, oleh karena itu butuh cara khusus untuk menyelamatkan isi file flashdisk. Dalam hal ini bisa menggunakan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard.

Begini cara menggunakan Aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard :

1. Pertama download dulu aplikasinya, bisa melalui link ini.

2. Buka aplikasi lalu tentukan jenis file apa saja yang ingin kamu selamatkan lalu pilih ‘Next’ untuk lanjutkan.

3. Selanjutnya pilih drive Flashdisk lalu pilih opsi ‘Scan’ disudut kanan bawah.

4. Tunggu beberapa saat, lama atau tidaknya proses pemulihan file tergantung dari banyak dan spek komputer kamu.

5. Jika file hasil scan sudah muncul semua lanjutkan dengan menekan ‘Recover’ untuk menyimpan semua file tersebut.

Baca Juga: Tips Perbaiki Flashdisk Yang Sulit Dibaca Dengan Praktis

2. Format Flashdisk

Format Flashdisk

Jika semua file yang ada dalam flashdisk sudah di backup dengan baik langkah selanjutnya format flashdisk. Untuk format bisa klik kanan pada drive flashdisk lalu pilih opsi ‘Format’ dan ‘Start’ untuk memulai.

Dengan begitu maka flashdisk kamu sudah bisa digunakan kembali seperti semula, ingat jangan membuat hal- hal yang bisa menjadi penyebab permasalahan ini kembali terulang.

Nah itulah cara atasi flashdisk minta di format saat dibuka, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.