Begini Cara Hacker Bajak Smartphone Melalui Sim Card

Smartphone tanpa sim card ibaratnya seperti motor tanpa bensin yang tentu saja tidak bisa berjalan, begitu juga smartphone yang tidak memiliki sim card tidak bisa digunakan teleponan, sms-an dan lain sebagainya.

Meskipun ponsel masih bisa mengakses internet kalau tersambung ke jaringan wifi.

Selain begitu penting untuk smartphone, sim card ternyata memiliki celah keamanan yang sering dimanfaatkan oleh para hacker.

Seorang hacker memang tidak pernah kehabisan akal untuk menyusup masuk kedalam smartphone kita dengan memanfaatkan celah keamanan seperti sim card misalnya.

Penasaran kan bagaiamana cara hacker bajak smartphone melalui sim card? yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

Baca juga ini 2 Cara Hacker Menjebol Akun Facebook Orang Lain Terbaru.

Begini Cara Hacker Bajak Smartphone Melalui Sim Card

Bagini Cara Hacker Bajak Smartphone Melalui Sim Card
Cara Hacker Bajak Smartphone Melalui Sim Card

Sebenarnya tidak semua sim card memiliki celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh Simjacker (julukan hacker dengan mede sim card), untuk saat ini ada kurang lebih 1 Milliar sim card yang memiliki potensi berbahaya kena serangan hacker.

Data tersebut kami ambil dari perusahaan keamanan AdaptiveMobile Sevurity, jadi semoga saja sim card kamu tidak menjadi salah satu dari 1 Milliar kartu tersebut.

Adaptive Mobile Security
AdptiveMobile Sevurity

Baca Juga Cara Mencuri File Orang Lain Lewat Flashdisk Untuk Pemula

Dari 1 Milliar kartu tersebut hacker biasanya memanfaatkan fitur [email protected] Browser bawaan sim card yang memiliki celah keamanan.

Fitur [email protected] sendiri hingga saat ini masih ditutup-tutupi bagaimana cara kerja fitur tersebut karena seharusnya tidak bisa diketahui orang lain diluar operatot seluler.

Namun kami berhasil mendapat bocoran bahwa fitur [email protected] tersebut memiliki fungsi menampilkan pop up, menjalankan browser, hingga beberapa perintah lainnya.

Baca ini gan 4 Metode Hacker dalam Meretas (Bobol) Website.

Iklan Website Jebakan

Nah fitur tersebut yang digunakan hacker untuk menampilkan pop up atau iklan berbahaya pada smartphone kita dengan judul yang menarik sehingga kita tertarik untuk membukanya padahal kita akan dimasukan pada website jebakan.

Iklan Berbahaya
Iklan Website Jebakan

Nantinya web site jebakan didesain sebagus mungkin untuk memberi kepercayaan pengunjunya, misalnya website dapat pulsa gratis, dapat baju gratis, hingga undian mobil dan motor, tapi sebelumnya diwajibkan untuk mendaftar dulu.

Nah pada sesi pendaftaran inilah kita dijebak, hacker akan menyuruh kita untuk mengisi formulir pendaftaran yang biasanya terdiri password akun.

Setelah kita mengisi formulir tersebut tanpa disadari website jebakan tersebut merekam kegiatan kita salah satunya pada saat memasukan password akun dan data penting lainnya.

Jadi dengan begitu berhasil masuk menysup kedalam smartphone dan akun kita.

Saat ini sendiri celah keamanan dan care kerja hacker ini sudah diketahui pihak operator dan akan terus berusaha menutup serapat mungkin celah keamanan sim card ini.

“Sekarang masalah ini telah terungkap, kami berekspektasi ada aktor jahat lainnya yang akan mencoba mengembangkan serangan ini ke area lain” ungkap Chief technology Officer AdaptiveMobile Security, Cathal Mc Daid.

Baca Juga Hacking yang Sering Dilakukan oleh Hacker Black Hat

Kesimpulan

Jadi bagaiamana solusi yang tepat untuk mencegah kejahatan hacker ini? nah tidak menggunakan sim card pada smartphone mungkin bukanlah solusi yang tepat hanya gara-gara menghindari kejahatan hacker ini.

Tapi mungkin resiko smsrtphone terkena hack melalui sim card bisa kamu minimalisir dengan cara lebih berhati-hati dalam membuka pop up atau iklan yang berbahaya apalagi sampai memasukan password akun tertentu pada website yang belum jelas apakah dari sumber yang terpercaya.

Nah itulah cara kerja hacker bajak smartphone melalui sim card, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.