Begini Cara Atasi Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi di Komputer

Hardisk memang merupakan komponen penting di komputer sebagai media penyimpanan data, jadi jika tidak ada hardisk tentu saja komputer tidak bisa berjalan dengan semestinya.

Dan penyimpanan hardisk internal yang biasanya terbatas pada sebuah komputer memaksakan penggunanya untui menggunakan hardisk tambahan alias eksternal.

Baca juga Cara Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca Di PC

Cara Atasi Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi

Begini Cara Atasi Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi di Komputer

Namun penambahan hardisk eksternal pada komputer kerap mengalami masalah seperti salah satunya hardisk tidak terdeteksi oleh si komputer.

Nah bagi kamu yang mengalami hal yang ssma seperti ini jangan panik, karena ada beberapa cara yang dapat kita tempuh untuk mengtasi masalah ini seperti berikut ini.

1. Coba Ganti Port USB-nya

Ganti port usb

Langkah pertama yang dapat kita tempuh adalah ganti port USB hardisk, jadi komputer memiliki USB port 3.0 dan 2.0. Bisa juga mencolokan hardisk ke komputer lain sebagai langkah untuk mendeteksi apakah hardisk kamu yang memang bermasalah atau komputer.

FAQ

Bagaimana cara mengetahui USB port 3.0 dan USB port 2.0?

Jadi untuk membedakannua cukup mudah kok, USB port 3.0 biasanya berada pada bagian depan PC sedangkan USB port 2.0 biasanya berada pada bagian belakang PC. Hal ini tidak dapat dipastikan karena ada juga komputer yang membalikan posisi kedua USB port tersebut.

Baca Juga: Cara Perbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

2. Update Driver

Jadi sebenarnya apapun yang kita colokan ke komputer harus terpasang terlebih dahulu drivernya agar bisa terdeteksi oleh komputer. Jadi kalau driver tidak terpasang atau tidak pernah di Update atau perbarui lebih besar kemungkinan hardisk tidak terbaca.

Untuk update driver CTRl + R > Ketik ‘Device Manager‘ > Enter > Masuk pada menu ‘Disk Drives‘ > Universal Serial Bus > Hardisk Eksternal > Klik kanan pada mouse lalu pilih opsi ‘Properties‘ > Tab driver > Update Driver. Bagaimana mudah bukan?.

3. Ganti Kabel

Ganti Kabel

Besar kemungkinan juga hardisk tidak terdeteksi dikarenakan kabelnya rusak, jadi coba ganti kabelnya. Harga kabel USB penghubung hardisk ke komputer sendiri tak begitu mahal ya sekitar 25 ribuan lah.

Baca Juga: Daftar Netbook Terbaik Dengan Harga Murah Untuk Mahasiswa

4. Aktifkan di BIOS

Hardisk tidak terbaca biasanya juga dikarenakan adanya kesalahan dari sistem operasi yang terpasang pada komputer. Jadi salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengaktifkan di BIOS.

Cara mengaktifkan hardisk di BIOS cukup ikuti langkah berikut, Restart komputer > Tekan Tombol BIOS sesuai dengan jenis komputer masing-masing > Integrated Peripherals > Enter > USB Controller > ubah opsinya menjadi ‘Enabled‘. Jika sudah coba cek colok kembali hardisk kamu, seharusnya sih sudah bisa jika status BIOS nya sudah Enabled.

Nah itulah beberapa cara mengatasi masalah hardisk eksternal tidak terdeteksi di komputer, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

New Posts Published.