Bahaya Charger Smartphone di Mobil

Saat sedang diperjalanan dan tiba-tiba baterai smartphone lemah atau lowbet langkah yang paling sering diambil adalah men-chrager smartphone dimobil dengan bantuan colokan power outlet. Apakah kamu juga termaksud orang yang sering mengisi daya baterai smartphone dimobil?.

Bahaya Charger Smartphone di Mobil

Bahaya Charger Smartphone di Mobil

Jika iya kamu sering men-charger smartphone dimobil sebaiknya ditinggalkan karena faktanya hal tersebut memiliki dampak yang cukup berbahaya seperti berikut ini.

1. Merusak Baterai Smartphone

Ini adalah bahaya yang pertama men-charger smartphone di mobil yakni baterai smartphone bisa saja rusak. Hal ini dikarenakan socker lighter yang sering kita gunakan untuk mengisi daya menggunakan output listrik sebesar 10A sedangkan jumlah arus litrik yang optimal dibutuhkan smartphone hanyalah sebesar 2A bayangkan saja berapa kali lipat perbedaannya. Hal ini sebenarnya bisa menyebabkan koslet walaupun masih jarang ada kejadian seperti ini.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Tombol Home Oppo Tidak Berfungsi

2. Menguras Kapasitas Aki

Menguras Kapasitas Aki

Jika daya aki mobil tentu saja mesin mobil dan komponen listrik yang ada pada mobil tidak dapat dinyalakan. Kenapa men-charger smartphone dimobil dapat menguras daya aku? sebenarnya hal tersebut tidak akan terjadi apabila kamu men-charger smartphone dalam keadaan mesin mobil menyala, karena pada saat mesin mobil menyala daya aki akan secara otomatis terisi.

Nah tapi jika kamu mencololan socket lighter atau USB dalam keadaan mesin mobil mati ya tentunya aki hanya melakukan pengeluaran daya tanpa pengisian kembali. Jadi saat mobil parkir dalam keadaan mati jangan nge-charger smartphone dulu deh, bukan hal lucu pastinya jika saatnya ingin jalan mesin mobil malah tidak bisa dinyalakan.

3. Membuat Suhu Smartphone Meningkat

Tempat soket lighter umumnya berada pada bagian dashboard depa mobil yang mana membuat penggunannya mau tidak mau harus menyimpan smartphone diatas dashboard selama proses pengisian daya baterai. Perlu kita ketahui bahwa dashboard mobil merupakan tempat yang paling sering terkena paparan sinar matahari jadi jika kamu menaru smartphone diatas dashboard ya suhunya pasti akan meningkat.

Lalu Bagaimana Tips Mengisi Daya Baterai di Mobil?

1. Power Bank

Gunakanlah power bank lebih praktis dan juga lebih aman asalkan bukan power bank abal-abal. Belilah power bank dari merek ternama atau memang yang dikhususkan oleh pihak service center untuk jenis smartphone-mu.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet Telkomsel Agar Tidak Lemot

2. Gunakan Socket Lighter Berkualitas

Gunakan Socket Lighter Berkualitas

Seperti yang kami singgung diatas tadi bahwa arus listrii yang terlalu besar dikelyarkan oleh Socket Lighter dapat merusak baterai smartphone kamu. Jadi pilihlah Socket Lighter yang berkualitas biasanya dari brand-brand ternama seperti Anker atau Aukey serta yang memiliki output tegangan listrik 2A.

Jadi itulah bahaya men-charger smartphone di mobil, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.